Nabi dan Rasul yang Mendapat Gelar Ulul Azmi

0
Diposkan oleh Label: di
Nabi dan Rasul yang Mendapat Gelar Ulul Azmi serta Mukjizatnya
Ulul Azmi adalah gelar yang diberikan kepada para rasul yang memiliki ketabahan dan kesabaran yang luar biasa baiknya dalam menjalankan tugas yang suci. Adapun yang termasuk dalam ulul azmi adalah nabi Muhammad saw, nabi Ibrahim as, nabi Nuh as, nabi Musa as, dan nabi Isa as. Dan ulul azmi ini pun diberi mukjizat oleh Allah SWT. Mukjizat nabi-nabi ulul azmi dan mukjizat nabi lainnya diberikan oleh Allah untuk mendukung risalah yang mereka bawa.
·         Mukjizat nabi Muhammad saw
Diantara mukjizat nabi-nabi ulul azmi, mukjizat nabi Muhammad saw-lah yang memiliki jumlah yang sangat banyak mulai dari sebelum dan sesudah kelahiran hingga sampai akhir hidupnya.
Ada yang mengatakan mukjizat nabi Muhammad saw yang pertama adalah mukjizat yang terdapat pada kepribadian dan pemikiran beliau. Itulah yang menjadikan mukjizatnya yang terbesar setelah Al-Quran, dimana beliau mampu menahan penderitaan dijalan Allah SWT, hal itu merupakan bangunan rohani yang sangat tinggi.
Mukjizat setelah beliau diutusnya sebagai Rasul adalah mukjizat membebaskan akal beliau, yaitu tidak memikirkan hal yang lain apalagi keduniawian  selain hanya tertuju kepada kalimat Allah SWT.
Dalam perjalanan hidupnya sering mendapatkan banyak hal luar biasa yang bagi manusia biasa adalah sesuatu hal yang mencengangkan dan mengherankan bahkan bagi yang tidak beriman mukjizat yang dialami nabi Muhammad adalah sesuatu yang mustahil menurut mereka, salah satunya adalah ketika Isra’ dan Mi’raj.
·         Mukjizat nabi Ibrahim as
Pada saat beliau dibakar oleh kaum yang menentangnya, tubuh beliau tidak terbakar oleh api.
·         Mukjizat nabi Nuh as
Nabi Nuh mengalami sesuatu yang sangat luar biasa dimana kaumnya tertimpa angin topan yang sangat dahsyat juga banjir yang melanda, ombak bergulung-gulung meninggi dan terus meninggi bersama perahu nabi Nuh hingga tidak terlihat sesuatupun kecuali air. Hujan pun turun dangan deras tak henti-hentinya.
Hanya berlalu beberapa saat kehidupan bumi telah musnah dan tertutup air, kecuali nabi Nuh dan kaum yang turut serta dalam perahunya. Berdasarkan kisah, topan yang dialami nabi Nuh berlanjut hingga beberapa zaman, dan hanya Allah saja yang mengetahui beberapa lama badai ini melanda.
·         Mukjizat nabi Musa as
Berupa tongkat yang dapat berubah menjadi ular dan dapat membelah lautan.
·         Mukjizat nabi Isa as
o   Lahir tanpa adanya seorang ayah,
o   Dapat berbicara sewaktu masih bayi, untuk menerangkan bahwa ia seorang nabi yang diutus untuk bani Israel,
o   Bisa mengetahui Taurat asli Musa, yang disembunyikan dan telah mengalamai banyak perubahan yang dilakukan oleh orang-orang cerdik dari kaum Yahudi,
o   Membentuk tanah seperti burung kemudian meniupkan roh, lalu tanah itu menjadi burung,
o   Menyembuhkan orang buta,
o   Menyembuhkan orang yang berpenyakit sopak,
o   Menghidupkan kembali orang yang telah mati,
o   Diberi kemampuan melihat hal-hal yang ghaib melalui panca inderanya meskipun ia tidak menyaksikannya secara langsung,
o   Menurunkan makanan dari langit karena permintaan Hawariyun.
Back to Top