Tips Membuat Password yang Aman

0
Diposkan oleh Label: di

Tips Membuat Password yang Aman

Password menjadi hal yang penting saat ini di era digital ini, karena hampir setiap akun pasti membutuhkan password demi melindungi data yang berada di dalamnya. Banyak sekali orang-orang yang menginginkan data-data kamu. Beberapa website menyediakan memang fitur remember password, tetapi jangan gunakan itu bila kamu berada di koneksi umum seperti wifi atau komputer umum.

Berikut tips membuat password yang aman:
1. Buat password yang panjang
Ada beberapa website yang memberi syarat dalam membuat password yaitu minimal 8 karakter, tetapi disarankan password menggunakan 14-25 karakter.
2. Kombinasi huruf dan angka
Kombinasi huruf dan angka merupakan kombinasi yan bagus, apalagi jika termasuk di dalamnya simbol, semakin kuat password yang dimiliki.
3. Hindari penggunaan password umum
Password yang umum digunakan biasanya sudah terdapat dalam database sehingga perlu menggunakan password lain yang cukup unik atau mungkin menggunakan bahasa negara lain selain Inggris sehingga sulit diprediksi.
4. Mengganti huruf dengan angka atau sebaliknya
Dalam penulisan password, bahasa ‘alay’ mungkin sangat berguna, mengganti huruf dengan angka dan sebaliknya juga, seperti huruf S diganti dengan angka 5, hurus I dengan angka 1 dan lain sebagainya.
5. Gunakan password berbeda di semua akun
Memang tidak mudah mengingat password, apalagi jika banyak akun yang dibuat tetapi demi menghindari pembobolan akun, sebaiknya setiap akun memiliki password yang berbeda dan tetap unik. Untuk tips nomor 5, kamu bisa menggunakan KeePass dimana kamu bisa menaruh banyak password di dalamnya dan hanya butuh mengingat 1 password  untuk mengakses KeePass.
Poskan Komentar

Back to Top