Hebat Mana, Orang Zaman Dahulu Dengan Sekarang?


Hellow Agan2 sista2 Welcome to my thread yg sederhana ini.Kalo ngomongin zaman 90 an pasti gk ada habisnya gan.Mulai dari mainan,gaya hidup,jajanan,komunikasi dll.Terkadang kita kangen masa-masa itu dimana kita lebih dominan main2 diluar rumah walau badai menghadang (ceileh ts lebay).Di zaman yg semakin maju ini fikiran kita pun dituntut untuk canggih gan,di dunia ini ada yg namanya antonim gan.Kalo ada Positif pasti ada Negatif,artinya tak semuanya pengaruh zaman yg semakin modern ini positif ada pun beberapa negatifnya.Di zaman yg semakin maju ini Kita Dituntut untuk lebih selektif dalam bergaul,mendidik anak,membeli sesuatu,menggunakan gadget,menonton acara tv dll.Kalo kita tidak pandai memfilter smw nya siap2 saja hal2 buruk menunggu anda.Contohnya jika anda misal seorang ayah/ibu terus anda mempunyai anak usia balita.Karena saking sayangnya sama anak anda,anda memanjakan anak dengan memberikan gadget2 mewah menurut ane ini yg bahaya apalagi anda kurang mengawasi mereka.Selain dituntut cerdas dalam menjalani hidup di zaman sekarang ini kita juga diuntut untuk hidup lebih keras karena memank zaman sekarang segalanya serba susah yg penting kita pandai mensyukuri aja ya gan.hehe
Ane sedikit ingin membandingkan sesuatu di zaman sekarang ama zaman dulu.yuk ah cekidot..



1.Pola fikir













Seiring majunya Zaman pola fikir manusia juga pasti tidak akan diam di titik yg sama.Pasti ada perubahan.Pola fikir orang zaman dulu masih erat dengan adat istiadat,mereka sangat menjunjung tinggi budaya nya.contoh kecilnya dalam mendidik anak gan,anak2 yg msh bermain lebih dr jam6 petang mitosnya akan dibawa wewe gombel gan.Mungkin menurut pola fikir zaman sekarang itu pasti dibilang kolot.Lalu contoh berikutnya mengenai Bayi gan.Mitosnya bayi biar aman dr mahkluk halus pas tidur dibawah bantalnya harus ada gunting.Menurut pola fikir org zaman sekarang mungkin itu hal yg gk masuk akal.
Beda dengan pola fikir zaman sekarang yg lebih bangga akan budaya luar dripada budaya kita sendiri.Dengan pola fikir kita yg begitu secara tidak langsung kita turut berpartisipasi dengan semakin hilangnya budaya2 kita.Contoh kecilnya remaja2 cwek zaman sekarang gan ane lihat mereka lebih bangga akan style luar misal korea,barat.Contoh selanjutnya ane punya kenalan gan cwok yg cinta gila sama Jejepangan gan mulai dr style,suka anime ya pkonya yg berbau jejepangan deh sampe menurut ane kelewat batas gan.Suka sama budaya asing boleh saja menurut ane tp jng sampe kita juga lupakan budaya kita.Kita akan merasakan kehilangan sesuatu jika sesuatu itu hilang atau diambil org.Contohnya beberapa budaya kita diklaim negara tetangga baru kita berkoar2 menurut ane itu tindakan yg lucu deh
Ane bukan bermaksud memojokan cuma sebagai perbandingan.



2.Kesehatan













Menurut pendapat sebagian orang rata2 harapan hidup org2 zaman dulu lebih besar daripada org2 zaman sekarang.Menurut pendapat pribadi ane masuk di akal juga,pasti anda juga menyadari nya sekarang makanan2 banyak yg berbahaya mulai dari campuran MSG,Pengawet,pewarna yg secara tidak langsung membunuh secara perlahan.Mungkin efek dari makanan tersebut tidak lagsung bereaksi,mungkin bertahun2 baru ada efeknya.Tapi ada pendapat juga dari beberapa orang bahwa harapan hidup zaman sekarang lebih tinggi dibanding zaman dulu.Dengan semakin canggihnya Alat2 medis semakin banyak juga metode pengobatan dengan begitu kita semakin mudah mengobati berbagai penyakit.Menurut pendapat pribadi ane juga itu masuk akal juga.Ane ambil kesimpulan bedanya zaman dlu itu org2nya jarang terkena penyakit soalnya makanannya masih alami.Kalo zaman sekarang banyak penyakit2 aneh and baru tp dengan semakin canggihnya metode pengobatan dan alat medisnya semakin besar juga harapan penyembuhannya,kalo menurut pribadi ane sendiri sih penyakit itu berawalan dr pifikiran kita sendiri.



3.Cinta/Asmara










Cinta merupakan sebuah pemberian Tuhan yg harus kita syukuri.Kenapa harus disyukuri?karena dengan adanya cinta hidup kita damai gan.Gimana coba kalo hidup manusia tanpa cinta?pasti tiap hari dibelahan bumi ini pasti banyak kebencian pertikaian dimana2.Kembali ke Intinya,Gaya pacaran zaman dulu sangat terbatas gan paling banter sekedar surat menyurat gan mungkin tukang pos jadi idola remaja2 zaman dlu yg selalu dinantikan kehadiranya
Galaunya cwek2 zaman dulu jg kalo lagi galau cuma diary yg menemaninya gan.Nulis diari sambil mewek greget tuh
Berbeda zaman sekarang yg semakin canggih gan.Remaja2 sekarang kalo soal cinta fasilitas nya menurut ane kumplit gan.Dengan semakin banyaknya sosmed2 dan semakin canggihnya gadget2 menjalin hubungan Asmara pun jadi mudah gan.Gmana gk enak coba nembak juga bisa lewat sms/inbox/chat .Dari penglihatan ane juga semakin banyak anak muda zaman sekarang belum kopdar udah pacaran padahal menurut ane itu anda ibarat membeli kucing dalam karung lho gan.Kalo nanti pujaan hati anda tidak sesuai dengan apa yg anda bayangkan gimana coba?anda tau juga kan sekarang banyak aplikasi2 yg bisa buat wajah kinclong
Cwek2 zaman sekarang kalo galau langsung apdet status marah apdet status ya kadang menurut ane itu gk baik buat diri sendiri karena secara tidak langsung anda memberitahu kekurangan anda kepada org lain.



4.Pergaulan


















Pergaulan anak2 dan remaja di tiap waktu pasti akan ada perubahan gan karena itu merupakan Siklus kehidupan.Kita mulai dari pergaulan zaman dahulu.Hmm rada burem sih jelasinnya,tp ane coba jabarin deh
Ane mulai bahas Mainan anak2 zaman dulu.Mainan anak dulu memank tidak modern terkesan kuno,tp jangan salah lho justru itu yg membuat anak2 jd lebih kreatif.contohnya mainan bola dari kertas,panggalan,mobil2an dr bekas aqua,pistol2an dari bambu itu kan buatnya susah2 gampang gan jadi anak2 dlu membuat mainannya sendiri.Permainan anak2 dlu jg banyak gan mulai dr loncat tali,berbagai jenis kucing2an dll,anak2 tidak takut jatuh,terluka pkonya yg penting happy kalopun ada game agak2 canggih paling sebatas dingdong,gamebot
And yg terpenting org2 tua zaman dlu lebih awas dlm mendidik anak2 nya dengan didampingi dengan budaya zaman dulu yg masih kental maka anak2 dan remaja zaman dlu lebih baik menurut ane kalo masalah pergaulan tp ane juga gk bilang bahwa semua remaja and anak2 dlu baik smw lho.Pasti ada lah di setiap zaman jg yg nakal itu.Bullyan zaman dulu juga menurut ane unik gan saling ledek nama orang tua,nulis love di papan board dll
Berbeda dengan zaman sekarang yg serba canggih gan.Anak2 juga udah pegang tablet pegang laptop mantep kan.hehe.mainannya pun game2 yg udah canggih.Tp menurut ane justru ini merupakan warning buat para orang tua untuk Lebih memperhatikan buah hatinya.Sebenarnya ada juga positifnya dan negatifnya,positifnya anak2 akan banyak pengetahuan tentang teknologi(jika tepat sasaran),negatifnya anak2 akan sedikit mengenal dunia luar gan.
Bullyan remaja sekarang berbeda dng bullyan zaman dulu.Bullyan zaman sekarang biasanya dilakukan di sosmed,mencerca seakan yg paling bener dr semakin banyak bullyan semakin banyak juga anak2 alay yg caper di sosmed.



5.Hiburan


















Mengenai poin ini mungkin sudah banyak yang dibahas, tp ane akan buat opini versi ane
Hiburan merupakan sesuatu yg penting sebagai pengisi waktu santai kita.Zaman dulu mungkin hiburan terutama stasiun Tv masih steril belum dijamuri2 acara2 yg gk bermutu,latah,lebay.Walaupun pilihan stasiun TV gk sebanyak zaman sekarang tp tayangan zaman dahulu menurut ane berkesan and pasti ditunggu2 tiap harinya dahulu radio pun masih menjadi primadona bagi remaja tiap hari kirim salam wah pkonya asik gan.hihi..
Berbeda dengan zaman sekarang yg semakin banyaknya acara Tv gk berkualitas yg semakin menjamur membuat pola pergaulan anak2 zaman sekarang semakin memprihatinkan.Gimana mau memprtihatinkan coba pagi2 udah disuguhi acara musik gk jelas,siang2 acara2 ftv,sore sampai malamnya sinetron2 gk masuk akal yg mendidik kurang baik.Jangan salah lho Tayangan Televisi jg ikut andil dlm mendidik anak bangsa.

Kesimpulan:

-Ini hanya Pendapat pribadi ts
-Anda boleh tidak setuju dengan pandangan ts karena ini negara Demokrasi boleh berbeda pendapat selama tidak melanggar norma dan hukum
-Di zaman yg semakin canggih ini kita juga diharapkan untuk berfikiran secara canggih juga dan pandai memfilter sesuatu yg gk baik buat kita
-Setiap zaman pasti segala sesuatu akan mengalami perubahan entah perubahan yg drastis ataupun perlahan
-Karena manusia merupakan tempatnya salah dan dosa jadi maafkan ts jika ada salah kata baik tidak disengaja maupun disengaja

Sumber

Related Articles

1 komentar: