Kenapa di Kepala Kita Sering Terngiang Lagu?

Lagu yang kita suka, kita puter sekali saja pasti akan terus terngiang di telinga kita  Begitupun lagu yang alay gan  Tapi, agan-agan pernah kepikiran ga si kenapa lagu-lagu seperti itu bisa terus bersarang di kepala kita
Nah, daripada agan bingung, yuk disimak tritnya



Kenapa lagunya nyangkut di otak?

Apakah pernah sebuah lagu terus menyangkut di otak agan? Dan lagu tersebut membuat agan frustasi karena lagu tersebut seringkali alay?  Jangan merasa sendirian.



Nyatanya 91% dari kita, mengalaminya tiap minggu, dan fenomena ini disebut sebagai earworm. Peristiwa earworm ini memang banyak dipertanyakan orang, tapi gimana ya gan prosesnya?




Ternyata begini gan earworm bekerja :

Fenomena earworm, meskipun sering terjadi, ternyata masih menjadi sebuah misteri. Hal ini dikarenakan Earworm merupakan reaksi yang tak disengaja terjadi, di dalam otak kita  Seperti halnya tetangga kita yang sering nyelenggarain acara joget dangdut keras-keras, sehingga kita mau ngga mau ngga sengaja ikut dengerin, dan akhirnya kita ikutan kena earworm dangdut



Nah, Akhirnya terpecahkan misterinya gan

Seorang peneliti bernama, Elizabeth Margulis (kali ini ga pake embel-embel tante dan om) mencoba memecahkan misteri ini melalui penelitiannya.



Ia mengamati, bahwa ternyata Earworm, ada hubungannya dengan area motorik di dalam otak kita. Meskipun belum ada kesimpulan yang konklusif, tapi penelitiannya menjelaskan, bahwa ternyata otak kita bekerja layaknya, dalam tanda kutip, seperti seorang anak jenius.



Setelah beberapa kali diputarkan notasi yang sama, otak kita ternyata langsung bisa menghafalnya. Lalu, ketika otak kita kemudian mendengar rangsangan dengan notasi serupa, otak kita bisa langsung memprediksi pola notasi selanjutnya seakan mengerjakan rumus matematika. Hal ini disebabkan oleh fungsi korteks motorik otak kita yang biasa merespons dan memperkirakan berbagai tindakan kita, sebagai manusia.



Ternyata fenomena ini sudah ada dari dulu gan!

Fenomena earworm sendiri pun ternyata, sudah dikenal sejak dulu oleh manusia. Suku Aborigin di Australia, dikatakan telah memanfaatkan earworm, untuk membantu mereka memburu hewan, di padang pasir. Bagaimana caranya? Suku Aborigin menggunakan earworm, untuk menghafal arah mati angin, melalui lagu etniknya. Analoginya seperti kita yang menghafal alfabet, dengan lagu A B C D E, sehingga terus teringat di otak kita. Sangat kreatif. Beri tepuk tangan untuk mereka.



*Ehem* Beda sekali dengan manusia sekarang yang sudah menggunakan teknologi, tapi masih bingung mana kanan, dan mana kiri.




Nah, kesimpulannya gan

Nah, bagi para penderita earworm, ayo cari lagu lain yang bisa meredam lagu lama di kepala. nah bagi yang bingung mau cari lagu apa, silahkan di dengar lagu dibawah ini gan



Sumber

Related Articles

1 komentar: