Kenapa Kita Buang gas/kentut?

halo gan! ketemu lagi!  pernah kan gan mengalami apa yang disebut sebagai kentut/Buang angin? atau malah sering  ya tapi itu nromal kokgan.. tapi kenapa ya? kok kita bisa menglamai hal itu?  emang kita makan angin ya gan  sebenarnya itu normal atau engga ya?
daripada bingung.. ayo disimika tritnya gan



Apa Itu Buang Gas?

Pernahkah saat sedang makan dengan gebetan, agan buang angin secara tak sengaja?  yakin ini bikin gebetan ilfil gan, kecuali ga bunyi  Peristiwa keluarnya gas dari tubuh manusia ini disebut sebagai buang angin atau kentut (ya iyalah) Meskipun sudah biasa, peristiwa ini masih banyak dipertanyakan.. kenapa ya bisa terjadi? emang kita makan angin ya gan? lanjut gan



Begini ternyata prosesnya gan!

intinya, buang angin itu terjadi karena manusia harus melepaskan gas dalam tubuhnya. Contohnya, saat agan lagi asik makan bakso, ga cuma bakso dan kuahnya yang agan makan tetapi angin yang berada di sekitarnya-, ikut masuk (berarti beneran makan angin gan)



Kemudian, saat bakso masuk ke dalam usus untuk diolah menjadi nutrisi, mikroba bersama tubuh kita, menghasilkan senyawa bernama gas hidrogen sulfida



Gas hidrogen sulfida ini memiliki bau seperti telur busuk, karena faktanya ia banyak mengandung belerang, sebuah senyawa berbau tidak enak yang sering kita temui di wilayah pegunungan



Kemudian, gas tersebut mencari jalan keluar kebawah, bukan keatas, karena terdorong oleh gerak peristaltik usus, meluncur dengan kecepatan tinggi dan menggesek dinding anus, sehingga muncullah bunyi  sebuah fenomena yang kita sebut sebagai kentut



Tapi ada ga si gan manfaat kentut? atau cuma gitu aja kelepasan? kalau ditahan gimana?

Jangan salah, menurut penelitian dari Universitas Exeter, di Inggris. nahan kentut itu super bahaya gan!  gas kentut ini ternyata dapat membantu kita melawan penyakit seperti stroke, gagal jantung, diabetes, dementia hingga arhtritis



Manusia ternyata rata-rata buang angin sebanyak 14 kali dalam sehari. Bahkan, banyak orang yang buang angin lebih dari itu atau jangan-jangan agan kentut lebih banyak dari itu tapi ga terasa?



Nah, terjawab gan!

akhirnya terjawab sudah gan!! jadi, kentut itu sehat gan, asal ga ketauan dan membuat 1 tongkrongan rame mabuk akan harumnya  karena hal ini juga, ada baiknya kita jaga kesopanan dengan melakukan di tempat yang tidak menganggu ketentraman



Sumber

Related Articles

3 komentar: