afisnuha

Setujukah Kalian Jika Sinetron Mendapat Kritik Seperti Ini?

Hidup ane gak jauh-jauh banget dari sinetron. Ya iyalah secara tetangga ane penggila sinetron.
Dia apal semua pemain sinetron, tapi giliran ditanya presidennya siapa, nggak ngerti dia.
"Presiden? Siapa yak? Oh, itu yang mirip sama presiden Amerika, si Obama. Lah.. nama presidennya sendiri gak tau, tapi presiden negara lain tau. Nih jangan-jangan Obama main sinetron

Sinetron.. Siapa sih yang nggak tau sinetron. Acara favorit ibu-ibu dan anak-anak ini ternyata tak luput dari kritik dan teguran. Ya iyalah, lha wong absurd gitu jadi ya wajar kalo dapet teguran.
Jadi, demi kemajuan.. kemajuan siapa ya? Yaa anggap saja kemajuan kita bersama.
Alangkah baiknya jika hal-hal dalam sintron ini diperhatikan lagi, biar ada mutunya dikit.



Tema cerita selalu itu-itu saja, seolah-olah hanya ada satu tema di dunia persinetronan


Hey Pemirsa! Setujukah Kalian Jika Sinetron Mendapat Kritik Seperti Ini?

Temanya selalu sama. Sekalinya beda, ternyata hasil jiplakan.
Knapa sih nggak coba ngangkat tema lain? yang sifatnya nasioanalis misalnya. Nyeritain jaman perang dulu.
Kan kita dijajahnya lama. Kalo dibikin sinetron jumlah episodenya bisa ngalahin sinetron Tersandung itu.

Atau kalo nggak yang horor. Kita kan punya banyak hantu. Cerita lah soal mereka. Kan hantu juga perlu dilestarikan. Ceritain knapa mereka suka pake daster warna putih, rambut acak-acakan, mata mirip mata panda.

Yang namanya sinetron itu gak harus romantis, jadi cobalah bikin cerita yang gak terlalu dramatis



Setting.. terutama tempat, tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya


Hey Pemirsa! Setujukah Kalian Jika Sinetron Mendapat Kritik Seperti Ini?

Nih kita ambil contoh, di sekolah misalnya. Sekolah adalah tempat menuntut ilmu.
Tapi knapa kalo di sinetron fungsi sekolah berubah? Kenapaaaaa????
Kegiatannya juga bukan belajar. Tapi pada nongkrong di kantin.

Ini kapan pelajarannya?
Kapan Ulangan?
Kapan Ujian?
Kapan Upacara?
Kapan emak kalian ngambil raport?

Ya sekali-kali lah ada adegan belajarnya. Kan lagi sekolah. Misal nih ya, gurunya masuk kelas, jelasin materi, trus ngasih soal latihan. Pelajaran matematika misalnya, kan matematika 2 jam pelajaran tuh. Yaudah tayangin aja 2 jam gak papa. Satu episode full isinya guru lagi ngajar di kelas.



Protagonis kelewat baik dan Antagonis kelewat jahat. Tritagonis??


Hey Pemirsa! Setujukah Kalian Jika Sinetron Mendapat Kritik Seperti Ini?

Nah ini dia.. di sinetron manapun, protagonis ini orangnya baik. Saking baiknya, jadi keliatam oon.
Dia menderita sepanjang episode bahagia h-1 menit sebelum muncul tulisan "TAMAT".
Dan si antagonis selalu jahat, bahagia sepanjang episode, menderita h-1 di episode terakhir.
Itu tuh kayak yang di sinetron Garlic and Onion.

Contohnya gini, si protagonis jadi pembantu di rumahnya si antagonis yang kaya raya. Si antagonis miara kecebong. Tiba-tiba kecebongnya mati. si protagonis dituduh si antagonis bunuh kecebongnya dia. Trus si protagonis dihukum, dikurung di gudang, gak dikasih makan minum, ga di gaji.

Astagaaaa... kasian sekali si protagonis

Pliss.. buat cerita yang masuk akal dikit. Sebaik-baiknya manusia, pasti dia pernah berbuat kesalahan.
Dan sejahat-sejahatnya manusia pasti dia pernah berbuat kebaikan.



Sinetron tidak perlu tayang setiap hari


Hey Pemirsa! Setujukah Kalian Jika Sinetron Mendapat Kritik Seperti Ini?

Coba deh bayangin, sinetron tayang setiap hari??
Ya kalo yang main manusia sih nggak masalah, tapi kan tau sendiri sekarang fauna juga main sinetron.

Mereka itu hewan loh. Bukan pohon pisang yang cuma punya jantung tapi gak punya hati
Para fauna itu punya hati, punya perasaan yang juga bisa merasakan sakit.

Emang mereka tahan sama angin malem? Emang mereka betah disuruh begadang?
Kalo mereka masuk angin gimana?
Dikerokin? Emang bisa? Ngerokinnya pake apa? Tutup panci?
Kalo yang masuk angin serigala sih nggak papa, kalo yang masuk angin harimau?
Dia kan udah belang, masa di kerokin? Ya nanti warna belangnya berubah. Ilang tuh sangarnya



Jumlah episode terlalu banyak


Hey Pemirsa! Setujukah Kalian Jika Sinetron Mendapat Kritik Seperti Ini?

Duh..parah banget, masa sinetron Tukang Bubur Naik Harley udah sampe episode 1800 lebih. Ini kira-kira mereka nyeritain apa ya? Kan tukang buburnya udah wafat.. Yaudaaah... yaudah harusnya tamat, malah masih tayang.

Mau bahas apa lagi?
Bahas para tetangga yang lagi sibuk momong anak?
Bahas para tetangga yang lagi sibuk jualan tahu?
Bahas para tetangga yang lagi sibuk cari pinjeman buat bayar kontrakan?

Mending tamat aja deh..



Penampilan, perkataan dan perbuatan yang tidak pantas dicontoh


Hey Pemirsa! Setujukah Kalian Jika Sinetron Mendapat Kritik Seperti Ini?

Tau sendiri kan, sensor di sinetron suka nanggung. Jadi yaa tolong lah, perhatikan penampilan, perkataan dan perbuatan. Contohnya pas ngomong, kan ada tuh ada yang ngomong kasar tapi nggak di sensor. Tapi ada juga yang disensor. Biasanya nama binatang yang keluar. Jadi yaa, tolong kreatif dikit.
Nggak usah nyebut nama binatang, tapi coba deh, nyebutnya nama sayur, buah atau bumbu dapur.
Kan lebih enak tuh di kuping.

Contohnya gini..

Ada cowo lagi jemput cewenya, pake harley, sambil jualan bubur tapi
Dia nunggu di depan pager, gak masuk soalnya bapaknya galak. Tiba-tiba ada pengemis nyamperin dia.

Pengemis : Maaaas.. minta mas.. udah sebulan nggak makan

Cowo : Lah.. kan ramadhan udah lewat? Ngapain masih puasa?

Pengemis : Bukan puasa cuy., gak punya duit. Bagi duit dong

Cowo : Wah.. kasian juga ya, yaudah deh.. nih 5000

Pengemis : Yaah 5000 cuma dapet makan, belum dapet minum, masa gak minum?? Tambahin lagi dong

Nah pas disini si cowo mulai emosi. Dia mau ngomong kasar.. tapi karna ga boleh nyebut nama hewan,
gini jadinya..

Cowo : Udah dikasih bukannya makasih malah minta lagi. Dasar cabe!!

Pengemis : Tau aja kalo saya cabe-cabean. Eh.. mas mas, rambut saya bagus nggak? Celana gimana celana? Kurang pendek ya?

Cowo : Gak malu apa pake celana pendek gitu? Itu panunya keliatan semua itu

Pengemis : Yeeee enak aja, ini bukan panu. Ganti kulit mas. Maklum lah, kemarau panjang

Cowo : *nelen mangkuk bubur*


Gitu... ternyata pengemisnya cabe-cabean. Salah si cowo juga sih, malah ngomong cabe.
Harusnya dia bilang, "dasar daun bawang" atau "dasar kelengkeng"

Gimana ide ane? Payah juga kan?



Melibatkan fauna dalam sebuah sinetron bukan pilihan yang tepat.


Hey Pemirsa! Setujukah Kalian Jika Sinetron Mendapat Kritik Seperti Ini?

Plis jangan ngomongin srigala atau harimau, mereka sudah cukup eksis. Kita ngomongin yang lain saja.
Kita ngomongin KEONG!!

Jadi gini.. ada antagonis yang benci sama protagonis. Lalu si antagonis pergi ke dukun minta bantuan buat nyingkirin si protagonis. Kalian tau si dukun ngapain? Dia ngasih cangkang keong ke si antagonis.
Cangkang keong!! Trus di kasih mantra.. katanya nanti si protagonis bakalan masuk ke cangkang keong.
Duh.. kok enak banget ya, jadi dukun modalnya cuma cangkang keong.

Ini kalo kayak gini, mending tukang keong depan SD jualan keong sambil jadi dukun. Masukin tuh semua anak SD ke keong dagangannya, trus minta tebusan ke orang tua murid. Kaya mendadak dia.
Bener-bener aneh tuh si dukun, masa ngasihnya cangkang keong. Iya kalo protagonisnya kurus, kalo gendut??
Bisa-bisa kena asma dia. Udah sempit, ga bisa gerak, ga bisa napas lagi
Kayak gak ada tempat lain aja, kasih yang agak gede dikit dong, cangkang kura-kura misalnya



Sudah terlalu banyak adegan mainstream


Hey Pemirsa! Setujukah Kalian Jika Sinetron Mendapat Kritik Seperti Ini?

Kejadian yang sering muncul di sinetron, diantaranya:
- kecelakaan lalu amnesia
- berbicara dalam hati
- dahi luka dikit, bukannya luka yang diperban, malah kepalanya yang dibungkus perban
- mertua benci menantu atau sebaliknya
- pas SMA satu sekolah, pas kuliah satu univ satu jurusan. Rombongan macam apa ini?!
- Selalu rebutan. Entah itu rebutan harta, rebutan warisan, rebutan pacar, rebutan jabatan., rebutan bubur, rebutan tongkat, rebutan tutup panci, dll
- selalu melibatkan polisi dan dokter
- bunuh diri minum racun, lompat dari gedung tinggi
- ditabrak bus, mobil, kereta, motor, becak, gerobak, delman, truk
- cewe nyamar jadi cowo tapi gak ada yang tau
- dll.

Ya sekali-kali lah, coba adegan yang lain, yang gak biasa.
Kayak misalnya mancing ikan, tapi ikannya ikan piranha. mancingnya ke Amazon bareng Marsupilami

Atau pas mau bunuh diri, jangan minum racun, tapi gantung diri di bawah pohon ciplukan.
Nah, mati nggak tuh kira-kira? Ya mati lah. Kan pohon ciplukannya nemplok di pohon beringin

Atau gini, kan biasanya ada adegan si cewe pergi naik bus, dikejar si cowo, trus si cewe minta pak sopir berentiin busnya. Coba sekali-kali si cewe naik pesawat, dikejar si cowo, si cewe minta pak pilot berentiin pesawatnya.



Bersambung di moment yang super nanggung


Hey Pemirsa! Setujukah Kalian Jika Sinetron Mendapat Kritik Seperti Ini?

Ceritanya si protagonis kabur dari rumah. Sampe di jalan, si protagonis nyaris ketabrak mobil.
Nah, di sini oonnya kambuh, bukannya cepet minggir, malah ngeliatin si mobil sambil teriak, "Aaaaaaaaaaaaaa..."

Sampe di sini ada beberapa kemungkinan, diantaranya:
- si protagonis ketabrak, dan menjadi korban tabrak lari
- si protagonis cuma kesrempet
- si protagonis gagal ketabrak karna ditolong si pahlawan kesiangan, dan keduanya selamat
- si protagonis gagal ketabrak karna ditolong si pahlawan kesiangan, tapi si pahlawan kesiangan yang ketabrak
- si protagonis memanfaatkan moment itu untuk bunuh diri

Masalahnya.. kita nggak tau kemungkinan mana yang akan terjadi karna ketika si protagonis teriak udah bersambung. Itu kan nanggung banget  Ya paling enggak, bersambungnya nanti pas si protagonis udah ngalamin salah satu kemungkinan di atas



Dampak positif yang tidak bisa ditangkap karna ketutup sama yang negatif, meskipun tujuannya memberikan dampak positif.


Hey Pemirsa! Setujukah Kalian Jika Sinetron Mendapat Kritik Seperti Ini?

Coba deh, bikin sinetron yang memberikan dampak postif yang full nggak setengah-setengah. Misalnya, cerita tentang anak sekolah yang cinta lingkungan, rajin menanam pohon, tiap hari ngerawat taneman, nyiramin taneman, makan taneman.

Gak usah ada adegan absurd, kayak misalnya tiba-tiba si anak harus kehilangan kakinya gara-gara tertimpa pohon beringin tumbang yang dulu dia tanam sendiri. Gak usah!



Pemainnya itu-itu saja, kan masih banyak aktor dan aktris lain yang berbakat


Hey Pemirsa! Setujukah Kalian Jika Sinetron Mendapat Kritik Seperti Ini?

Udah tamat nih, ada lagi sinetron baru gantiin yang udah tamat. Tapi.. pemainnya itu lagi itu lagi.
Dan jalan cerita juga mirip sama yang sebelumnya.

Oke deh kalo yang main manusia nggak papa, kalo fauna??
Masa iya harimau tamat, gantinya yang main harimau lagi?

Hey.. fauna itu banyak, jangan cuma harimau, srigala, naga aja yang diajak main sinetron, yang lain juga dong.
Kan masih banyak tuh yang belum pernah main sinetron, ada koala, tapir, kuda laut, kudanil, lele, kecebong.
Atau mungkin minat ngajak syuting dugong? Nyelem sana ke samudra Pasifik


Oke cukup, kalo ada yang mau nambahin silakan
Oiya, kalo mau komen jangan pake emot titik dua malu atau titik dua malus

Sumber

Mungkin Ini yang Orang Tua Kalian Lakukan Ketika Merindukan Kalian

Semua yang ada disekitar kita bisa menjadi inspirasi
Jadi bukan hal yang aneh jika thread ini terinspirasi dari sebuah bolpen
Emang nggak nyambung, tapi inilah fakta

Kalian yang menjadi anak rantau, bukan kalian saja yang merindukan orang tua
Tapi orang tua juga merindukan kalian
Mungkin kalian sudah tahu apa yang biasa kalian lakukan ketika merindukan orang tua di rumah
Tapi tahukah apa yang biasa dilakukan orang tua ketika merindukan sang anak nan jauh di sana?
Mungkin sebagian dari kalian tidak tahu,
mungkin juga tahu tapi tidak terlalu mempedulikan,
mungkin juga... (silakan kalian isi sendiri)

Hey, anak rantau, coba tanya ke orang tua kalian.
Benarkah ini yang mereka lakukan ketika merindukan anaknya yang sedang merantau?


Segera Menghubungi Kita


Hey Anak Rantau, Inikah yang Orang Tua Kalian Lakukan Ketika Merindukan Kalian?

Mereka akan segera menelfon atau mengirim pesan untuk sekedar menanyakan kabar.
Apakah kalian sehat-sehat saja?
Apakah kalian sudah makan?
Kapan akan pulang?

Tapi sayangnya, tak jarang kita mengabaikannya dengan alasan sibuk.
Sesibuk apapun kita, tak ada salahnya jika kita meluangkan waktu sebentar saja untuk orang tua kita.
Yang jadi pertanyaan, sadarkah kita akan kesalahan seperti ini?
Dan coba tanyakan ke orang tua, marahkah mereka dengan sikap kita yang sesekali mengabaikan mereka?




Meminta Kita Pulang


Hey Anak Rantau, Inikah yang Orang Tua Kalian Lakukan Ketika Merindukan Kalian?

Jangan kalian fikir bahwa meminta kalian yang merantau untuk pulang adalah hal yang mudah bagi orang tua.
Mereka juga memikirkan kesibukan kita dan memikirkan apa yang akan terjadi
jika kita meninggalkan kesibukan kita.

Jika kita benar-benar tidak bisa pulang, tak ada ruginya kita luangkan waktu sejenak untuk berbincang dengan mereka.
Tapi, jika kita ada waktu dan kepulangan kita bisa membuat orang tua kita bahagia,
tak ada salahnya kita pulang.
Sesederhana itu lah membuat orang tua bahagia,
jangan menunggu sukses dan menjadi orang kaya untuk membahagiakan orang tua.

Satu hal yang harus kita tahu, mereka tidak menginginkan uang kita
Mereka hanya ingin kita mengingat mereka dalam kondisi apapun




Melihat Foto-Foto Sang Anak


Hey Anak Rantau, Inikah yang Orang Tua Kalian Lakukan Ketika Merindukan Kalian?

Album foto yang berisi foto-foto kita mungkin menjadi barang yang berharga bagi orang tua.
Disaat mereka merindukan kita yang jauh dan tanpa sepengetahuan mereka,
mereka membuka kembali album foto itu dan melihatnya satu per satu foto kita dengan tersenyum




Mengangkat Kita Menjadi Tema Obrolan


Hey Anak Rantau, Inikah yang Orang Tua Kalian Lakukan Ketika Merindukan Kalian?

Siapapun yang ada di rumah, pasti akan diajaknya bercerita.
Menceritakan segala tingkah polah anaknya dulu yang kini sedang berada di tempat perantauan.
Mulai dari kenakalan kita sewaktu masih kecil, hal-hal yang kita sukai, hal-hal yang kita takuti.
Ah, sepertinya tak akan habis cerita tentang kita.
Menuangkan rasa rindu dalam bentuk cerita, siapapun yang mendengar pasti akan terharu.




Tidur Di Kamar Kita



Hey Anak Rantau, Inikah yang Orang Tua Kalian Lakukan Ketika Merindukan Kalian?

Coba tanyakan ke ayah atau ibu, pernahkah mereka tidur di kamar kita ketika kita berada di perantauan?
Berada di tempat dimana kalian menghabiskan waktu ketika dirumah sudah cukup mengobati rasa rindu orang tua ke anaknya
Karena mereka akan merasakan kehadiran kita di tempat itu




Mencoba Melakukan Apa yang Biasa Kita Lakukan


Hey Anak Rantau, Inikah yang Orang Tua Kalian Lakukan Ketika Merindukan Kalian?

Jika kita meninggalkan buku favorit kita di rumah, bukan tidak mungkin orang tua kita akan membacanya.
Bukan tidak mungkin juga mereka akan mendengarkan musik favorit kita,
atau menghabiskan waktu berada di tempat favorit kita, meskipun hanya sekedar duduk-duduk saja.




Memasak Makanan Favorit Kita


Hey Anak Rantau, Inikah yang Orang Tua Kalian Lakukan Ketika Merindukan Kalian?

Meskipun kita tidak ada, bukan tidak mungkin bagi ibu kita untuk memasak makanan favorit kita.
Pernah kah ketika kalian pulang tanpa memberi kabar terlebih dahulu dan ketika sudah sampai di rumah sudah ada masakan favorit kalian di meja makan?




Mendoakan Kita


Hey Anak Rantau, Inikah yang Orang Tua Kalian Lakukan Ketika Merindukan Kalian?

Sesuatu yang sangat jarang kita sadari, bahwa orang tua kita tak pernah lupa mendoakan kita.
Dalam konsidi apapun mereka akan selalu ingat



No love is greater than mom's love
No care is greater than dad's care

Kita sebagai anak, selalu menjadi prioritas utama dalam hidup mereka.
Lalu yang menjadi pertanyaan,
Seberapa penting posisi mereka dalam hidup kita?

Moment Dimana Sudah Semestinya Kita Ada Untuk Orang Tua Kita



Bukan uang yang diinginkan orang tua kita dari kita.
Karena uang belum tentu bisa membuat mereka bahagia.
Justru hal-hal yang sederhanalah yang mereka inginkan dari kita yang bisa membuat mereka bahagia,
seperti menyayangi mereka, berbakti kepada mereka, selalu mendoakan mereka, ada untuk mereka, dll.

Ada beberapa moment dimana kita sebagai anak sudah semestinya ada untuk mereka.
"Ada" tak selalu berarti harus bertatap muka. Ada kalanya dimana "ada" ini tidak harus bertatap muka,
tapi tetap mengingat, tetap peduli, memberikan perhatian dan kasih sayang, dan mendoakannya.



Ketika mereka sakit


Hey Gan Sist! Ini Dia Moment Dimana Sudah Semesetinya Kita Ada Untuk Orang Tua Kita

Masih ingat ketika kita sakit? Masih ingat betapa khawatirnya orang tua? Masih ingat betapa sedihnya mereka?
Tak henti-hentinya mereka menjaga dan berdoa untuk kesembuhan kita.
Begitu besar kasih sayang mereka terhadap kita

Lalu, bagaimana jika yang sakit adalah orang tua kita? Bisakah kita seperti mereka?
Sangat rugi jika kita tidak mempedulikan mereka di saat mereka sedang sakit.
Padahal perhatian kita menjadi obat tersendiri bagi mereka,
obat yang tidak tidak ada di dalam resep dokter dan tidak pula di jual di apotek.



Ketika mereka merindukan kita


Hey Gan Sist! Ini Dia Moment Dimana Sudah Semesetinya Kita Ada Untuk Orang Tua Kita

Hai anak rantau, bagaimana kabar orang tua kalian?
Rindukah kalian pada mereka? Pernahkah kalian berfikir kalau mereka juga merindukan kalian?
Kapan terakhir kali kalian menghubungi mereka?
Tidak ada salahnya jika kalian menyempatkan waktu sebentar untuk pulang dan melepas rindu dengan mereka.
Atau jika tidak bisa pulang, di sela-sela kesibukan kalian, sempatkanlah untuk menghubungi mereka
dan.. selamat melepas rindu



Ketika mereka sibuk dan membutuhkan bantuan kita


Hey Gan Sist! Ini Dia Moment Dimana Sudah Semesetinya Kita Ada Untuk Orang Tua Kita

Ada saat di mana orang tua sibuk dan kita malah pergi entah kemana menghindar agar tidak dimintai tolong.
Kawan, tak ada salahnya jika mulai sekarang, ketika orang tua sibuk dan meminta bantuan,
kita membantunya tanpa pamrih, tanpa mengeluh, tanpa ada rasa terpaksa. Karena jika diingat-ingat,
mereka merawat dan membesarkan kita dengan ikhlas tanpa minta imbalan.
Yaa.. hanya memberi tak harap kembali



Ketika mereka mendapat masalah


Hey Gan Sist! Ini Dia Moment Dimana Sudah Semesetinya Kita Ada Untuk Orang Tua Kita

Ketika orang tua mendapat masalah cobaan atau ujian dalam hidup mereka, tak akan rugi jika kita ada untuk mereka. Meskipun kehadiran kita tak banyak membantu, tapi setidaknya mereka merasa lebih kuat, tegar dan tenang menghadapi masalahnya, karena mereka merasa tidak sendirian, masih ada anak-anaknya yang peduli dan selalu ada dalam keadaan apapun.



Ketika mereka bersedih atau bahkan menangis


Hey Gan Sist! Ini Dia Moment Dimana Sudah Semesetinya Kita Ada Untuk Orang Tua Kita

Orang tua memang selalu berusaha menyembunyikan rasa sedihnya di depan anak-anaknya.
Tapi yang namanya anak kalo memang peduli pasti tahu apa yang terjadi dengan orang tuanya.
Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menghibur mereka. Memberikan perhatian dan semangat sedikit bisa mengurangi rasa sedih mereka, sekaligus menjadi tanda kalau kita sebagai anak memang menyayangi mereka dan tidak akan membiarkan mereka bersedih.



Ketika mereka butuh tempat untuk bercerita


Hey Gan Sist! Ini Dia Moment Dimana Sudah Semesetinya Kita Ada Untuk Orang Tua Kita

Buktikan kalo kita juga bisa menjadi sahabat bagi mereka yang siap mendengar cerita-cerita mereka.
Entah itu cerita tentang masalah yang sedang mereka hadapi, cerita tentang pekerjaan, atau mungkin
cerita tentang masa muda mereka. Hal seperti ini sederhana, tapi bisa membuat kita semakin dengan orang tua.



Ketika mereka ingin pergi dan meminta kita untuk menemaninya


Hey Gan Sist! Ini Dia Moment Dimana Sudah Semesetinya Kita Ada Untuk Orang Tua Kita

Bukan tanpa alasan mereka meminta kita untuk menemaninya pergi ke suatu tempat.
Mungkin karena mereka lupa jalannya, atau ada yang ingin mereka tunjukkan kepada kita, atau.. apapun itu alasannya, tak ada salahnya kita mengiyakan permintaan mereka, mumpung kesempatan itu masih ada.



Ketika mereka meminta kita untuk menemani mereka melakoni hobinya


Hey Gan Sist! Ini Dia Moment Dimana Sudah Semesetinya Kita Ada Untuk Orang Tua Kita

Bermain bulu tangkis, memancing, memasak, ...
Meskipun hobi kita berbeda dengan hobi mereka, tak ada salahnya jika ikut menemani mereka.
Awalnya kita memang hanya menjadi penonton, tapi lama-lama penasaran dan akhirnya.. ikut mencoba juga.
Jika hal sederhana semacam ini bisa membuat orang tua bahagia, kenapa kita enggan melakukannya?



Dan ketika mereka memasuki usia senja..


Hey Gan Sist! Ini Dia Moment Dimana Sudah Semesetinya Kita Ada Untuk Orang Tua Kita

Adakah di sini yang tega menelantarkan orang tuanya?
Atau enggan merawat mereka yang sudah renta dan memilih untuk menitipkan mereka di panti jompo dengan alasan... ah sudahlah. Berbahagilah mereka yang bisa merawat dan menjaga orang tuanya yang sudah tua.

Coba kita ingat kembali pengorbanan dan perjuangan mereka saat mereka merawat, menjaga dan membesarkan kita. Kasih sayang dan perhatian yang mereka berikan begitu besar. Lalu kita ingat-ingat juga apa saja yang sudah kita lakukan untuk mereka. Ah, rasanya apa yang sudah kita lakukan saat ini belum cukup untuk membalas jasa mereka. Tapi.. dari sini akhirnya kita bisa percaya bahwa yang namanya cinta sejati itu memang ada.


Quote:
Teruntuk ayah dan ibu..
yang selalu ada untuk kami sepanjang waktu
terima kasih atas kasih sayang yang kalian berikan
terima kasih atas perhatian yang kalian curahkan
terima kasih telah membuat kami percaya akan cinta sejati
maaf, jika kami pernah mengecewakan kalian
maaf, jika kami pernah membuat kalian menangis
maaf, jika kami belum bisa memenuhi harapan kalian
ah.. entah berapa kali lagi kami
harus mengucapkan terima kasih dan maaf
rasanya tak akan pernah cukup

Jangan khawatir,
kami akan selalu mengingat kalian
karena kalian tidak akan terhapus dari memori
kami akan selalu menyayangi kalian
karena kalian tetap mendapat tempat di hati kami
sampai kapanpun...
bahkan sampai status di KTP anakmu ini nanti berubah
kalian akan tetap ada dalam hidup kami





Quote dari thread sebelumnya, ane bawa lagi

No love is greater than mom's love
No care is greater than dad's care

Luangkan Waktu Sejenak Untuk Melihat Derita Para Protagonis di Sinetron

Gan ane lagi oon. Cari kasus baut kuliah. Gak perlu tau lah tugas apaan. Yang jelas ane ambilnya yang acara TV. Pokoknya harus ada kategori acara, durasi, jam tayang, judul, dll. Oke gak penting bahas tugas ane

Nah pas nyampe di sinetron, ane berenti dan mulai memikirkan derita para tokoh protagonis yang ada di sinetron
dan kemudian muncullah thread ini

Protagonis.. Protagonis yaitu tokoh yang menjadi tokoh sentral dalam cerita.
Tapi kenapa protagonis yang ada di sinetron identik dengan mereka yang lemah dan menderita di sepanjang episode??
Bahagianya cuma satu menit di episode terakhir di menit-menit terakhir lebih tepatnya H-1 menit
sebelum muncul tulisan "TAMAT"
Ya nggak semua sih, kebanyakan aja.Kasian ya mereka

Dan.. gini gan. Penderitaan mereka jenisnya banyak banget. Gak cukup dengan satu jenis penderitaan.
Seolah-olah si protagonis ini terlahir di dunia untuk menderita



Si protagonis yang tinggal satu atap sama ibu tiri dan saudara tiri


Hey Kalian, Luangkan Waktu Sejenak Untuk Melihat Derita Para Protagonis di Sinetron

kalo si protagonis punya ibu tiri, selalu di siksa sama ibu tiri sama saudara tirinya. Bapaknya nggak tau apa-apa.
Bentuk siksaannya bermacam-macam, antara lain:

1. Di fitnah, bentuk fitnahnya antara lain, fitnah nyolong duit, fitnah mecahin vas bunga, fitnah makan pasta gigi

2. Dijadiin pembantu di rumah sendiri, misalnya ngepel, nyapu, cuci piring, cuci baju, nyiram taneman, cabutin rumput, benerin genteng, ngaduk semen, ngecat tembok, pasang keramik.
Jadi tolong.. tolong banget kalian yang udah iso kasih dia bata, biar dia gak beli dia bata. Tau sendiri kan, kalo si protagonis abis dipalak sama emak tirinya.

3. Dikerjain abis-abisan, misalnya si antagonis tebar paku di tempat tidur si protagonis

4. Dibunuh, kebanyakan dengan cara diracun

5. Rebut harta si protagonis

6. Dll



Si protagonis yang ditabrak..


Hey Kalian, Luangkan Waktu Sejenak Untuk Melihat Derita Para Protagonis di Sinetron

Pasti pernah lah si protagonis ketabrak.. ketabrak motor, mobil, becak, bajaj, truk, bus, kereta api, kapal, pesawat. (Khusus yang ditabrak pesawat, tokoh utamanya sejenis Gatotkaca)




Si protagonis tidak bisa menjadi manusia seutuhnya


Hey Kalian, Luangkan Waktu Sejenak Untuk Melihat Derita Para Protagonis di Sinetron

Cantik sih, tapi dia bisa berubah jadi monyet.
Ganteng sih, tapi dia bisa berubah jadi serigala.
Keren sih, tapi dia bisa berubah jadi harimau.

Kasian banget ya para protagonis ini, harus berubah menjadi fauna
Rada absurd dikit, ini yang bikin cerita pikirannya di atas normal kali yak. Khayalannya luar biasa, khayalan tingkat tinggi.
Yaa.. kita berdoa saja agar sinetronnya cepet tamat, karna hanya dengan cara itu dia bisa menjadi manusia seutuhnya



Si protagonis yang berasal dari keluarga kurang mampu dan terjerat hutang


Hey Kalian, Luangkan Waktu Sejenak Untuk Melihat Derita Para Protagonis di Sinetron

Tiba-tiba datang orang yang sekitar 3 orang lah berbadan kekar nagih utang.
Dia gedor-gedor pintu kenceng banget, padahal ada bel, oon banget nih si penagih utang

Yang punya rumah keluar, tebak siapa dia? Yup, emak sama anaknya, biasanya anaknya cewe. Pas itu, emaknya lagi sakit. Nah, si emak sama anak gak punya duit, kemudia mereka mohon-mohon minta waktu lagi buat bayar utang.
Si penagih hutang ngamuk, trus si emak dijorokin, emaknya jatuh trus batuk, uhuk.. uhuk..
Si anak panik, mau ke RS ga punya duit, akhirnya si anak ke apotek beli obat, lari dia, gak punya elang soalnya




Si protagonis yang tidak mampu bayar kontrakan


Hey Kalian, Luangkan Waktu Sejenak Untuk Melihat Derita Para Protagonis di Sinetron

Ceritanya si protagonis ngontrak, pas ditagih bayar kontrakan dia ga punya duit.
Ngamuk tuh yang punya kontrakan, isi rumahnya diacak-acak.
Semua barang-barang dibuang keluar. Nah, barang yang pasti di lempar keluar adalah.. panci.
Gak tau kenapa, mungkin karena panci mengeluarkan bunyi "krompyanggg" ketika di lempar.
Kalo yang dilempar pakaian kan gak bunyi apa-apa



Si protagonis yang selalu di fitnah tetangga


Hey Kalian, Luangkan Waktu Sejenak Untuk Melihat Derita Para Protagonis di Sinetron

Si protagonis punya usaha, jualan bakso dia. Nah ada tetangga yang iri. Akhirnya dia tebar fitnah dijalanan.
Dia cerita ke tetangga-tetangga lainnya kalo baksonya bukan dari daging sapi, tapi dari daging dugong.
Jadi.. si protagonis nyelem ke dalam laut buat nyari dugong, nyelem jauuuuuh banget sampe ke palung mariana deh kayaknya  Becanda
Si tetangga tebar fitnah kalo si protagonis jualan baso tikus



Si protagonis yang masih duduk di bangku sekolah selalu dibully


Hey Kalian, Luangkan Waktu Sejenak Untuk Melihat Derita Para Protagonis di Sinetron

Si protagonis dianiaya sama si antagonis, si protagonis ga berani ngelawan. Yaudah kalah dia
Nah, pas ketauan guru, malah si protagonis yang dihukum


Tapi yaudah lah ya, yang penting mereka masih bisa merasakan bahagia meskipun hanya beberapa menit saja
Sebenernya masih banyak lagi derita para protagonis, tapi ga bisa kalo semuanya ditulis. Lupa soalnya
Tapi kalo ada yang mau nambahin lagi, silakan

Sumber

Mungkin Ini yang Terjadi Jika Lama Tidak Masuk Sekolah Atau Kuliah Karena Sakit

Misi geser dikit dong, pengen nulis juga
Oke cukup

Pernah sakit? Pasti iya
Sakit, bisa menghampiri siapa saja.
Sakit itu adil, tidak peduli siapa yang akan dia kunjungi
Tidak peduli siapa orangnya, jabatannya apa, umurnya berapa, profesinya apa, dll

Dikarenakan TS pernah sakit lama pas masih jadi pelajar, yaudah bahasnya ga jauh-jauh dari lingkungan akademik
Oh iya, disini yang dibahas penyakit fisik loh ya, bukan penyakit hati



Harus Ada Surat Izin dari Dokter


Mungkin Ini yang Terjadi Jika Lama Tidak Masuk Sekolah Atau Kuliah Karena Sakit

Peraturan di sekolah TS, tapi nggak tau kalo di sekolah lain.
Tidak masuk lebih dari 3 hari dengan alasan sakit, harus ada surat izin dari dokter!

Kenapa menggunakan surat ijin dari dokter?
Pertama, karena dokter sudah menyediakan
Kedua, sebagai bukti bahwa siswa yang bersangkutan tidak berbohong
Itu kata guru BK TS dulu



Kunjungan Tak Terduga dari Teman


Mungkin Ini yang Terjadi Jika Lama Tidak Masuk Sekolah Atau Kuliah Karena Sakit

Tanpa ada paksaan dari pihak manapun, yang namanya teman pasti datang menjenguk, biasanya mereka datang di hari ketiga
Ya meskipun terkadang mereka berisik dan mengganggu istirahat kita,
tapi justru ke-berisik-an mereka itulah yang menjadi obat buat kita yang tidak disediakan di rumah sakit dan tidak dijual di apotek manapun
Oh iya, kondisi seperti ini juga bisa kita jadikan untuk melihat siapa sebenarnya sahabat kita?



Bapak / Ibu Guru pun Tak Mau Ketinggalan Menjenguk Anak Didiknya yang Sakit


Mungkin Ini yang Terjadi Jika Lama Tidak Masuk Sekolah Atau Kuliah Karena Sakit

Tak hanya teman dan sahabat, jika dirasa sakitnya sudah lama, para guru pun tak mau ketinggalan
Orang tua kedua ketika di sekolah itu ternyata mengkhawatirkan keadaan anaknya, mereka tidak ingin ada meja kosong ketika mereka mengajar di kelas
Betapa besar kasih sayang kalian, meskipun kalian hanya beberapa jam menjadi orang tua kami



Ingin Cepat Sembuh dan Beraktivitas Seperti Biasanya


Mungkin Ini yang Terjadi Jika Lama Tidak Masuk Sekolah Atau Kuliah Karena Sakit

Akibat point 2 dan 3
Kehadiran mereka membuat kita merindukan hari-hari dimana kita masih sehat
Bebas melakukan apa saja, tidak hanya berbaring di tempat tidur dan terus-terusan minum obat.



Hari Pertama Masuk Sekolah Setelah Sembuh Dari Sakit..


Mungkin Ini yang Terjadi Jika Lama Tidak Masuk Sekolah Atau Kuliah Karena Sakit

Mirip siswa baru yang dibanjiri banyak pertanyaan
"Loh udah masuk ya? udah sehat?"
"Gimana sekarang keadaan kamu?"
"Eh sebernya kamu sakit apa sih?"
"Kok lama banget nggak masuk? parah ya sakitnya?"
"Kok bisa sampe sakit sih? ketularan siapa?"
"Bosen nggak pas rumah sakit?"



Ketinggalan Pelajaran dan Harus Beradaptasi dengan Materi Baru


Mungkin Ini yang Terjadi Jika Lama Tidak Masuk Sekolah Atau Kuliah Karena Sakit

Yang ini sudah bisa dipastikan, banyak materi yang kita lewatkan selama kita sakit.
Pas masuk, lah kok udah sampai sini pelajarannya?
Dan nggak enaknya, kalo materi yang sekarang masih ada kaitannya sama materi pas kita nggak masuk



Kejar Materi 


Mungkin Ini yang Terjadi Jika Lama Tidak Masuk Sekolah Atau Kuliah Karena Sakit

Akibat dari point di atas, timbul keinginan untuk kejar materi.
Satu-satunya cara ya belajar diluar jam pelajaran, cari orang yang bisa dijadikan guru private.
Tapi biasanya teman sendiri yang jadi gurunya



Ketika dipaksa, Malah Drop Lagi


Mungkin Ini yang Terjadi Jika Lama Tidak Masuk Sekolah Atau Kuliah Karena Sakit

Mau tidak mau kita harus bisa cepat menyesuaikan dengan pelajaran yang sekarang,
meskipun sebenarnya belum sembuh benar.
Dalam hati ada keinginan untuk bisa mengejar,
tapi ketika dipaksa, malah drop lagi karena waktu untuk istirahat tersita untuk kejar materi
Ternyata tekadnya aja yang kuat, fisiknya belum siap



Punya Hutang Banyak


Mungkin Ini yang Terjadi Jika Lama Tidak Masuk Sekolah Atau Kuliah Karena Sakit

Hutang disini maksudnya bukan uang loh ya, tapi ulangan harian, kuis, tugas, dll.
Ya satu-satunya cara untuk bisa membayar hutang kita, ikut susulan.
Ikut Susulan, ngerjain sendirian, remed. Miris
Tapi nggak papa, yang penting ada usaha




Prestasi Sedikit Menurun


Mungkin Ini yang Terjadi Jika Lama Tidak Masuk Sekolah Atau Kuliah Karena Sakit

Kemungkinan yang sangat bisa terjadi.
Ketinggalan pelajaran, materi paham sebagian, tugas nggak maksimal, ujian kadang remed.

Wajar kalo nilai turun, tapi bukan berarti kita patah semangat.
Anggap saja kita sedang berbuat baik dengan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berhasil
Lagian bosen juga kan kalo berhasil terus?
Kalo keseringan berhasil, malah biasa aja rasanya pas berhasil lagi
Tapi Kalo ada gagalnya, sebuah keberhasilan lebih bisa dihargai




Bagi Mahasiswa, Tidak Sedikit yang Sekalian Ambil Cuti


Mungkin Ini yang Terjadi Jika Lama Tidak Masuk Sekolah Atau Kuliah Karena Sakit

Dari cerita kakak-kakak tingkat, banyak mahasiswa yang lama nggak masuk sekalian saja ambil cuti.
Soalnya mau masuk udah keburu males, banyak materi yang nggak kekejar, belum lagi tugas, laporan praktikum, Ujian
itu kata mereka



Tapi di Balik Itu Semua, Ada Banyak Hikmah yang Bisa Kita Ambil


Mungkin Ini yang Terjadi Jika Lama Tidak Masuk Sekolah Atau Kuliah Karena Sakit

Pertama. Bisa lebih menghargai waktu, jangan sampai kita menjadi orang yang merugi karena membuang percuma waktu kita
Sewaktu kita sehat, mungkin kita banyak menghabiskan waktu dengan hal-hal yang kurang bermanfaat
Tetapi ketika kita sakit, hal-hal yang bermanfaat yang seharusnya bisa kita lakukan justru tertunda ketika sedang sakit

Kedua. Bisa mengerti betapa berharganya nikmat kesehatan
Sewaktu kita sehat, kita bisa melakukan apa saja yang kita mau dan beraktivitas seperti biasanya
Tetapi ketika sakit kita hanya bisa berbaring lemah di tempat tidur
Betapa bersyukurnya jika kita masih diberi nikmat kesehatan

Ketiga dan sterusnya, silakan berpendapat sendiri


Itu saja yang TS ingat
Kalo ada hal lain yang mungkin terjadi, silakan share di sini, kita bahas sama-sama

Jangan tanya sumbernya mana, karena point-point diatas TS dapet dari memori otak TS

Udah itu aja yang bisa TS sampaikan, maaf jika ada salah
Pesan TS, jaga kesehatan kalian, karena kesehatan adalah nikmat yang sangat berharga dan tidak bisa kalian beli

Sumber

'Kegilaan' di Setiap Momen Anak Pramuka Ketika Ikut Kemah

Bahas yang secara umum saja.

Apa yang ada di pikiran kalian ketika mendengar kata 'kemah'?

Pramuka memang identik dengan berkemah, tapi kemahnya anak pramuka bukan sekedar kemah bangun tenda bongkar tenda. Banyak tujuannya, diantaranya mendekatkan para anggotanya dengan alam, mendidik mereka menjadi pribadi yang mandiri, melatih untuk bersosialisasi dengan kehidupan bermasyarakat, dll.

Bermacam-macam kegiatan yang dilakukan (tergantung jenis perkemahannya) yang setiap kegiatannya pasti menjadi momen berkesan karena setiap momen ada kegilaan tersendiri.



Mempersiapkan segalanya mulai dari perlengkapan pramuka sampai perlengkapan rumah tangga


Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

Di buper kita dilatih untuk hidup mandiri, jadi kita harus tahu apa saja yang kita butuhkan selama berkemah. Mulai dari keperluan untuk makan, mandi, tidur sampai kesehatatan.
Ribet? Iya, jika kita banyak mengeluh.

Dari persiapannya saja, kita sudah bisa mengambil pelajaran,
bahwa hidup akan terasa sulit jika kita banyak mengeluh.


Persiapan dan keberangkatan memang melelahkan, tapi ketika sampai di bumi perkemahan..


Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

Yang biasanya di rumah hanya melihat rumah, ketika di buper lain lagi ceritanya.
Alam dengan keindahannya siap menyambut kedatangan kita. Dan di sana lah petualangan kita dimulai.

Dari sini, tanpa kita sadari kita mulai belajar untuk mendekatkan diri dengan alam.



Saat mendirikan tenda..


Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

Ini yang harus benar-benar diperhatikan. Peasn TS, seriuslah dalam mendirikan tenda, jangan asal-asalan,
kecuali kalau kalian mau tenda kalian rubuh saat kalian tidur.

Dibutuhkan kerja keras untuk bisa mencapai hasil terbaik.



Asalkan mata bisa terpejam, itu sudah lebih dari cukup


Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

Tak masalah tidur di dalam tenda beralaskan tikar dengan orang banyak,
asalkan mata bisa terpejam sampai subuh nanti.
Tapi.. apakah teman satu tenda semuanya bisa tidur dengan diam tanpa igauan tanpa suara sumbang dan tanpa tendangan kaki?

Ah sudahlah, anggap saja itu hiburan tengah malam



Mandi? Duh, jawab jujur nggak yaa?


Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

TS sih nggak yakin kalo mandinya 2 kali sehari,
pastilah pernah sehari cuma sekali atau malah mungkin sama sekali tidak menyentuh air?
Tapi terserah kalian aja deh, yang penting kalian dan teman-teman kalian sama-sama merasa nyaman.

Bagaimanapun keadaannya kita harus pandai memposisikan diri agar di terima di tengah kehidupan bermasyarakat.



Saat memasak makanan sendiri, saat itulah kita akan merindukan masakan ibu


Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

Makan hasil masakan sendiri, apapun makanannya, pasti akan terasa enak.
Bukan karena kepepet, tapi karena kebersamaan dan perjuangan ketika masak itulah yang menjadi masakan kita enak.

Dengan begitu, tidak ada alasan lagi bagi kita untuk mencaci makanan yang dirasa kurang cocok dengan lidah kita.



Soal siapa yang bangunnya kesiangan, jawabannya.. ayam


Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

Kemah bangun siang? Mustahil. Sebelum adzan shubuh kita harus sudah bangun.
Sholat shubuh, senam pagi, mandi terutama yang jarang mandi, dan.. lanjut kegiatan lainnya. :rain

Rugi bagi mereka yang bangun kesiangan karena tidak bisa menikmati keindahan suasana di pagi hari.
Matahari terbit, tetesan embun, kicauan burung, udara segar, sayang untuk dilewatkan.



Penjelajahan / lintas alam memang melelahkan, tapi sayang jika dilewatkan


Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

Dari sini, banyak pengetahuan dan pengalaman yang kita dapatkan.
Mendaki gunung, lewati lembah, menyeberangi sungai bukanlah tantangan yang mudah, tapi bukan berarti menyerah begitu saja. Justru itu menjadi tantangan menarik yang harus bisa ditaklukkan.

Kegiatan lintas alam itu sendiri diantaranya memecahkan sandi dan isyarat, tanda jejak, menaksir,
membuat peta pita, halang rintang, dll.
Ada yang punya cerita menarik saat mengikuti kegiatan lintas alam?

Kegiatan di alam terbuka bisa mengembangkan kecintaan kita terhadap alam. Masih ingat Dasa Darma kedua?



Ketika api unggun..


Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

Ini juga momen yang paling ditunggu ketika berkemah. Upacara api unggun, menyalakan obor satu persatu dengan pengucapan Dasa darma, setelah 10 obor Dasa Darma menyala, baru lah menyalakan api unggun dengan obor utama, dilanjtkan dengan 10 obor Dasa Darma.
Gara-gara dulu TS pegang obornya ke 7, jadi ya Dasa Darma yang paling diinget Dasa Darma yang ketujuh.

Dalam acara api unggun, biasanya ada kegiatan pentas seni.
Di sini peserta pramuka bebas berekspresi menunjukkan bakatnya.
Masih ingat dulu pentas seni apa yang kalian tampilkan?

Kehangatan, kebersamaan, dan kegembiraan bisa kita rasakan sekaligus ketika kita berada di tengah-tengah keluarga dan kemah pramuka.



Masih ingat betapa 'gilanya' outbond pramuka?


Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

Banyak permainannya, biasanya permainan yang membutuhkan kerja sama dan kekompakan
dari semua anggotanya. Tapi yang jelas kegiatan ini selalu mengundang tawa.
Masih ingat permainan gila apa yang kalian mainkan?

Manusia tidak bisa hidup sendiri, sehebat apapun dia pasti membutuhkan orang lain.



Kemah pelantikan tuh rasanya..


Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

Yang berbeda dari kemah lainnya, yaitu kemah pelantikan. Momen yang paling berkesan yaitu ketika upacara pelantikan. Selalu ada kejutan yang tak terduga yang mengundang haru dalam acara ini.
Tapi dulu TS cuma sampe laksana aja
Oh iya, palet yang ada dipundak kita bukan sekedar embel-embel seragam aja, melainkan sebuah tanggung jawab

Keberhasilan adalah pengakuan yang bernilai



Jangan heran jika orang tua kalian pangling melihat kalian pulang dari kemah


Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

Wajar jika penampilan ketika pulang tak seperti ketika berangkat.
Tambah jelek? Iya
Tenang, itu hanya efek lelah dan kotor saat lintas alam dan outbond karena 'nggak sempet' mandi.
Besok juga udah pulih lagi kok.

Ada perubahan lain yang diharapkan, perubahan sikap dan perilaku menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
Semoga nilai-nilai yang ada di Dasa Darma benar-benar kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari.



Kemah memang melalahkan, tapi tenang.. semua rasa lelah kalian terbayar lunas dengan momen - momen 'gila' saat di buper.


Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

Banyak yang kita dapatkan selama berkemah, yang tidak kita dapatkan di sekolah. Tidak ada yang sia-sia. Setiap kegiatannya menjadi pembelajaran yang bermakna untuk kita. Bagaimana kita bersosialisasi dengan orang sekitar, berinteraksi dengan alam, melatih untuk selalu bersyukur..


Udah itu aja, TS udah cape ngetik. Lagipula, cuma itu yang TS ingat
Kalo ada yang punya pengalaman unik selama ikut kemah pramuka, share aja. Dengan senang hati, TS akan membacanya.
Oke cukup. Kalau ada kritik saran atau pertanyaan, sampaikan saja. Terima kasih.

"Pengetahuan, wawasan dan pengalaman menjadikan manusia bijak"

Mungkin Beberapa Hal Memalukan Ini Juga Pernah Terjadi pada Kalian Para Mahasiswa

Ane suka mengamati hal-hal yang ada di sekitar. Mulai dari sinetron, anak sekolah, anak rantau, dll.
Ga penting juga sih sebenernya. Dan pada episode kali ini, episode ke 15, TS akan membahas mengenai kelakuan mahasiswa yang bisa dibilang memalukan.

Mahasiswa.. selama ini dianggap sebagai orang yang telah dewasa, mulai serius menjalani hidup, lebih menghargai waktu dan bla bla blaa. Tapi pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang bertingkah polah aneh, yang membuat mereka malu sendiri dan.. tentu saja tidak pantas untuk dicontoh.



Salah masuk ruang kelas


Hey Mahasiswa, Mungkin Beberapa Hal Memalukan Ini Juga Pernah Terjadi pada Kalian

Kejadian yang seperti ini biasanya dialami seorang diri, nggak mungkin kayaknya kalo satu rombongan kompak nyasar. Padahal udah yakin kalo kelasnya yang itu.
Tapi begitu sampe di depan kelas, buka pintu.. ya jelas bingung lah.
Loh kok wajahnya asing semua?
Itu dosen baru ya? Bahas fotosintesis?
Sejak kapan informatika bahas fotosintesis?
Ah, salah masuk ternyata. Maluuu



Di tegur dosen gegara..


Hey Mahasiswa, Mungkin Beberapa Hal Memalukan Ini Juga Pernah Terjadi pada Kalian

Dan teguran itu biasanya karena:
- dosen ngasih pertanyaan ke mahasiswa, dan kebetulan mahasiswa yang dapet pertanyaan lagi bengong.
- ada mahasiswa yang ketiduran di kelas, tapi biasanya kalo ada yang ketiduran dosen cuek. Tapi mahasiswa lain yang nggak bisa cuek.
- ada sekelompok mahasiswi yang ngerumpi, brisik, ketawa-ketawa nggak jelas dan membuat mahasiswa lain terganggu.
- dll

Kayaknya nggak mungkin setiap kali ada kuliah semua mahasiswa fokus ke dosen yang
lagi sibuk jelasin materi di depan. Apalagi yang duduknya di belakang.



Mencari dosen. Karena tidak tahu, akhirnya bertanya ke dosen lain, tapi..


Hey Mahasiswa, Mungkin Beberapa Hal Memalukan Ini Juga Pernah Terjadi pada Kalian

Biasanya mahasiswa baru belum begitu hafal sama dosen sendiri. Niatnya mau mencari dosen, karena belum tahu juga seperti apa dosen yang dia cari, akhirnya tanya ke dosen lain.
Dan ternyata dosen yang dia ditanyai adalah dosen yang dia cari.



Terpeleset, kesandung, nyungsep di moment yang tidak seharusnya


Hey Mahasiswa, Mungkin Beberapa Hal Memalukan Ini Juga Pernah Terjadi pada Kalian

Ketika ospek, senior yang harusnya terlihat berwibawa di depan mahasiswa baru.
Di tengah kesibukan marah ke maba eh malah kepleset.

Atau mungkin ketika mau presentasi, udah siap lahir batin, materi juga udah dikuasai.
Udah sepakat juga sama anak-anak nggak akan kasih pertanyaan susah.
Tapi pas maju ke depan, eh malah kesandung kaki temen. Itu pasti disengaja



Ketauan nitip absen


Hey Mahasiswa, Mungkin Beberapa Hal Memalukan Ini Juga Pernah Terjadi pada Kalian

Entah itu yang nitip atau yang kena titip, pasti malu kalau ketauan dosen. Ada beberapa dosen yang sebelum kuliah selesai mendadak ngecek mahasiswanya. Dipanggil satu-satu,
tapi begitu sampai di giliran si penitip..
Di absen ada, tapi wujud aslinya nggak ada.
Si dosen curiga, "Oh jadi kamu tersangkanya".
Nggak mau lagi dapet titipan
Yang nitip siap-siap saja pertemuan berikutnya.



Salah orang. Kirain mahasiwa, ternyata dosen muda


Hey Mahasiswa, Mungkin Beberapa Hal Memalukan Ini Juga Pernah Terjadi pada Kalian

Ane nggak tau apakah kalian juga mengalami hal serupa. Semoga iya.
Diantara para mahasiswa, tiba-tiba muncul sesosok manusia. Dari belakang emang mirip sama mahasiswa.
Dipanggil diem aja, yaudah tarik dikit tasnya. Pas noleh, loh kok dosen
Astaga salah orang



Niatnya kabur dari kelas, tapi..


Hey Mahasiswa, Mungkin Beberapa Hal Memalukan Ini Juga Pernah Terjadi pada Kalian

Tapi malah ketauan. Padahal udah duduk di barisan paling belakang. Ketika dosen fokus ke
arah lain, langsung beraksi. Pas udah deket sama pintu, tiba-tiba..
"Kuliah masih 30 menit lagi, jadi mahasiswa harus sabar."
Pffftt  Seketika itu juga semua mata tertuju ke arah pintu.



Niatnya mau sms dosen.
Sambil mikir nyusun kalimat, iseng dulu, eh malah sukses terkirim 


Hey Mahasiswa, Mungkin Beberapa Hal Memalukan Ini Juga Pernah Terjadi pada Kalian

Mau ketemu dosen, mau konsul. Udah bikin janji. Hari sama jamnya juga udah bener, tapi
dosennya nggak ada di kampus. Niatnya mau sms, nanya dia dimana, mau konsul kemaren juga udah janji.
Sambil nyusun kalimat yang pas, kalimat yang sopan. Iseng ngetik kalimat asal mirip kalo lagi sms temen.
"Cuy, posisi? Ngampus jam?"
Eh, malah nggak sengaja kekirim. Ya Tuhan, dengan cara apa aku nanti minta maafnya?




Copy paste tugas, lupa hapus nama si pemilik asli


Hey Mahasiswa, Mungkin Beberapa Hal Memalukan Ini Juga Pernah Terjadi pada Kalian

Padahal udah ngumpulin tugas, ya meskipun hasil copy paste. Tapi nilai nggak keluar.
Ternyata.. di dalem file masih ada nama si pemilik asli. Duh, kok bisa lupa ya?
Bisa-bisanya kemaren cuma ganti nama file tanpa ngecek dulu isi filenya.
Ternyata masih ada nama si pemilik aslinya. Bukti kalo yang namanya teliti itu sangat penting.



Telat parah, nekat masuk. Pas masuk kelas, dosen malah pamitan


Hey Mahasiswa, Mungkin Beberapa Hal Memalukan Ini Juga Pernah Terjadi pada Kalian


Ada beberapa dosen yang mengijinkan mahasiswanya tetap masuk dan bisa mengikuti kuliah meskipun telat parah. Tapi kalo telatnya di menit-menit terkahir, baru aja masuk...
"Pak, masih bisa ikut kuliah?'
"Silakan."

Baru aja duduk, eh dosennya malah pamitan, kuliah udah selesai
Iyaa bukan salah dosennya, tapi salah mahasiswanya.



Telat kuliah, niatnya masuk kelas diam-diam biar ga ketauan dosen, tapi..


Hey Mahasiswa, Mungkin Beberapa Hal Memalukan Ini Juga Pernah Terjadi pada Kalian

tapi begitu sampe di depan pintu kelas, ups.. malah dosen yang bukain pintunya.
"Telat udah hampir setengah jam, udah nggak bisa ikut kelas saya..."
Duh, si bapak, nggak usah ngomong gitu juga kali. Nggak kasihan sama saya?
Itu satu kelas noleh ke arah pintu semua pak.


Sungguh kelakuan yang tidak pantas untuk dicontoh
Udah ah, itu aja, lupa soalnya
Yang mau menambahkan silakan

Mungkin Ini yang Terjadi Ketika Kalian Lewat di Tempat Angker

Submit thread horor tengah malem tuh rasanya... takut, deg-degan, merinding, terharu, pusing, mual dikit, ngantuk.
Masuk angin kayaknya. Untung TS punya tolak badai. Orang absurd.. minum tolak badai

Selama tidak menoleh kebelakang, selama itu juga keadaan masih aman. Semoga di belakang tidak ada siapa-siapa

Hmmm.. pernah lewat tempat angker? Kalo belum, silakan di coba dulu.
Atau kalau nggak anggap saja thread ini tempat angker, TS yang jadi penghuninya.
Lalu.. kalian adalah tamu yang ingin uji nyali.
Khayal!!

Hey kalian yang penakut, hal-hal ini mungkin saja bisa terjadi ketika kalian melewati suatu tempat yang 'katanya angker'
Tapi kalau kalian bukan penakut, sepertinya tidak ada masalah.
Tempat angker.. biasanya sepi, siang telihat menyeramkan, malam apalagi

Oke jadi gini, kemaren TS lewat tempat yang katanya angker, trus ketemu sama tukang sate keong.
TS mau beli buat piaraan di rumah, trus gini kejadiannya:

Tukang sate :"Maaf mbak, keongnya habis. Ini tinggal cangkangnya. Mau? Lumayan mbak bisa buat ngumpet..."
Ane : "Ah enggak ah, orang mau beli sate malah dikasih cangkang."
Tukang sate : "Yaudah kalo nggak mau, ini saya ada permen. Gimana mbak, minat beli?"
Ane : "Permen apa?"
Trus si tukang sate ngambil permennya. Pas ane liat.. Ah itu sih pocong, bukan permen

Gimana gan? Serem kan?
Enggak? Yaudah, lupakan!

Gini aja deh, ambil satu contoh cerita.

Misalnya.. malam itu, malam jum'at kliwon, malam dimana TS lahir
Malam dimana kalian pulang malam dan harus melewati tempat angker. Tidak bisa lewat jalan lain.
Sebenernya ada 3 jalan. Sebut saja jalan A, B, C. Tapi jalan A, B tidak bisa dilewati. Jadi kalian harus lewat jalan C.

Jalan A tidak bisa dilewati karena ada perbaikan jalan, jadi jalannya ditutup.
Jalan B tidak bisa dilewati karena ada 11 pohon tumbang yang menghalangi jalan.
Jadi, terpaksa harus lewat jalan C, jalan dimana kalian nanti akan melewati tempat yang katanya angker.

Nah, di jalan C ini terbagi menjadi 3 zona angker. Sebut saja zona 1, 2, dan 3.
Zona 1, ada sekumpulan begal, jumlahnya 16, 1 manusia, 3 dugong, 2 srigala, 6 kelengkeng,
sisanya bawang merah, bawang putih nggak ikut, protagonis dia , jadi nggak mungkin mau begal orang.

Zona 2, lebih parah lagi. Karna kalian harus lewat jembatan. Di jembatan ini ada penghuninya, bukan si manis. Tidak jelas jenis makhluk apa dia. Yang jelas jumlahnya 3, pake celana pendek semua. Hobinya foto selfie. Seremnya 10 kali lipat dari ikan piranha.

Tapi kalian beruntung, karena masih bisa lolos dari zona 1 dan zona 2 berkat bantuan the power of kepepet.

Lalu.. yang terakhir zona 3. Ada suatu tempat yang katanya angker. Dan ketika kalian melewati tempat ini....
Oke silakan berimajinasi sendiri
Salah.. Ketika kalian melewati suatu tempat yang angker, hal-hal yang mungkin terjadi..



Suasana mendadak berubah menjadi sangat mencekam


Hey yang Penakut, Mungkin Ini yang Terjadi Ketika Kalian Lewat di Tempat Angker

Sebelum masuk daerah yang katanya angker, suasana masih enak.
Masih pada ngobrol, becanda, jungkir balik, nyanyi-nyanyi, dengerin lagu
"Kau bidadari.. jatuh dari surga.. di hadapanku.. eaaaa..."
Tapi pas udah masuk wilayah angker lagunya udah berubah
"Kau kuntilanak.. jatuh dari pohon..di hadapanku.. gedebuuuukkk!!"





Takut bertemu dengan makhluk tak kasat mata


Hey yang Penakut, Mungkin Ini yang Terjadi Ketika Kalian Lewat di Tempat Angker

Duh.. jangan-jangan nanti ada kuntilanak, jangan-jangan nanti ada tuyul, jangan-jangan nanti ada..
Oke kalo kalian takut sama hantu Indonesia silakan, itu hak kalian. Tapi tolong ketika kalian melewati tempat angker dan melihat suster ngesot, tolong jangan buru-buru kabur dulu. Ketika si ngesot ini ngejar kalian,
belum tentu dia mau nakut-nakutin kalian, siapa tau dia lagi butuh tumpangan.

Tau sendiri kan dia cuma ngesot, paling kecepatannya cuma 1 m/jam. Padahal dia harus menempuh jarak sejauh 1000 meter. Kalo dia ngesot, dia butuh waktu... ?
kecepatan (v) = 1 m/jam, jarak (s) = 1000 m
waktu (t) = s / v = 1000 / 1 = 1000 jam.
Bener gak nih ngitungnya?
1000 jam.. yaa kira-kira 1 bulan 11 hari. Ngesot selama 1 bulan 11 hari, apa kalian nggak kasian??
Jadi yaa.. tolong, tolong banget kalo kalian dikejar suster ngesot, tanya dulu tujuan dia apa ngejar kalian.
Jangan berprasangka buruk dulu.





Benda-benda mati terlihat sangat menyeramkan dan seolah-olah mereka hidup


Hey yang Penakut, Mungkin Ini yang Terjadi Ketika Kalian Lewat di Tempat Angker

Batu di pinggir jalan terlihat seperti manusia yang sedang duduk santai.
Pohon di pinggir jalan terlihat seperti manusia besar dengan rambut acak-acakan.
Tenang saja, itu pohon asli. Nggak mungkin si ngesot nyamar jadi pohon. Gimana mau nyamar, berdiri aja susah. Kalo dia terpaksa nyamar, mentok dia jadi bonsai.

Nggak perlu lah takut sama pohon, apalagi pohon-pohon besar yang katanya jadi rumahnya si kuntilanak apa siapa itu lupa. Kalo kuntilanak tinggal di pohon, Tarzan tinggal dimanaa??
Di dalem kerang? Satu atap sama Jinny? Tarzan oh Tarzan..





Merasa curiga ketika bertemu atau berpapasan dengan seseorang


Hey yang Penakut, Mungkin Ini yang Terjadi Ketika Kalian Lewat di Tempat Angker

Duh.. itu manusia beneran bukan ya?
Kakinya nempel tanah nggak ya?
Dia pake sendal nggak ya?
Mukanya pucet nggak ya?
Matanya mirip sama mata pada nggak ya?
Suhu badannya kira-kira berapa ya?
Bisa manjat pohon nggak ya?

Jangan-jangan itu hantu yang lagi nyamar jadi manusia.
Iya deh, itu kayaknya bukan manusia. Itu pasti hantu yang lagi nyamar.

Kabur ah..



Seperti mendengar suara, tapi...


Hey yang Penakut, Mungkin Ini yang Terjadi Ketika Kalian Lewat di Tempat Angker

Lagi takut-takutnya, tiba-tiba terdengar suara menyeramkan yang membuat tingkat kehororan
semakin bertambah.Entah darimana sumber itu suara.
Misalnya, ada suara orang nangis, ada suara orang minta tolong, ada suara srigala,
ada suara perempuan tertawa cecikikian, ada juga suara orang bernyanyi, nyanyi lagu lingsir wengi.
Entah ini nyata atau hanya terjadi di fim, TS ga ngerti.

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno,
Ojo tangi nggonmu guling,
Awas jo ngetoro,
..............





Mencium wewangian yang membuat suasana semakin menyeramkan


Hey yang Penakut, Mungkin Ini yang Terjadi Ketika Kalian Lewat di Tempat Angker

Nah ini dia. Biasanya tempat-tempat yang dianggap keramat ada sesajen, paling sering ditaruh dibawah pohon.
Dan wawangian itu bisa saja berasal dari sesajen tersebut, apalagi kalo sesajennya masih baru.

Bisa juga wewangian itu berasal dari tanaman asli, seperti bunga di tepi jalan.
Ada bunga kamboja, kenanga, kantil, sedap malam, mawar, melati, ku siram semua..

Atau mungkin dari parfum kalian sendiri.

Coba kalian bayangkan jika ketiga hal itu ada dalam waktu yang bersamaan.
Ada pohon, ada banyak bunga, lalu ada kalian yang sudah wangi karna parfum yang kalian pakai.
Kira-kira apa yang terjadi? Yup, tepat sekali.. joget india.





Berusaha mengalihkan perhatian agar tidak larut dalam suasana


Hey yang Penakut, Mungkin Ini yang Terjadi Ketika Kalian Lewat di Tempat Angker

Daripada menghayati suasana yang menyeramkan, lebih baik cari 'kesibukan' lain, nyanyi misalnya,
"Benar ku mencintaimuuuuu... tapi tak begini...
Kau khianati hati ini.. kau curangi akuuuu..

"Saya sih yes...."

Lah kok malah dikasih komentar??
Ternyata eh ternyata, papasan sama si Anang




Membaca doa


Hey yang Penakut, Mungkin Ini yang Terjadi Ketika Kalian Lewat di Tempat Angker

Dalam situasi seperti itu tidak ada salahnya jika kita berdoa.
Minta perlindungan-Nya agar dijauhkan dari godaan syetan.
Tapi ingat, kalo berdoa yang serius. Jangan dibuat main-main.
Dan alangkah baiknya jika berdoa dilakukan tidak hanya ketika merasa takut saja.





Perjalanan terasa begitu panjang dan melelahkan


Hey yang Penakut, Mungkin Ini yang Terjadi Ketika Kalian Lewat di Tempat Angker

Padahal jarak untuk melewati zona angker hanya 100 meter, tapi serasa 1000 meter.
Rasanya pengen cepat-cepat keluar dari zona itu, tapi justru terasa sangat lama berada di zona itu.
Bahkan ketika sudah bebas dari zona angker pun masih kerasa hawa horornya.
Seolah-olah horornya nempel di pundak. Kebayang gak sih kalo si ngesot ikutan nempel di pundak?





Dan pada akhirnya..


Hey yang Penakut, Mungkin Ini yang Terjadi Ketika Kalian Lewat di Tempat Angker

Dan pada akhirnya, berusahalah untuk menghilangkan rasa takut dan berusaha untuk selalu berfikir postif.
Sebagian orang masih memperdebatkan keberadaan mereka (hantu).
Sebagian percaya, sebagian lagi tidak.
Tak perlu saling mencela, saling menghargai saja.




Gimana gan? Serem kan? Takut nggak?
Ya iya lah.. orang sekarang aja TS nya ngumpet di dalem cangkang keong, yang ane beli kemaren di tempat angker

Oke cukup, kalo ada yang mau menambahkan silakan, nanti ane baca.
Dan pesan TS, menjauhlah kalian dari cermin, jangan bercermin karna satu bayangan yang muncul di cermin adalah sosok yang paling menyeramkan yang pernah kalian. Lihat, siapakah dia??

Ini thread horor, jadi silakan kalian tebar emot titik dua takut/s

Tergesa-gesa Sebelum Pergi, Kejadian Tak Mengenakkan Ini Bisa Saja Menimpamu

Ada yang kangen sama emot lama nggak?? Serius ane kangen banget
Titik dua mewek, titik dua matabelo, titik dua ngakak, titik dua kr
Oke ga penting bahas emot

Pernah tergesa-gesa sebelum pergi? atau mungkin terburu-buru?
Yang sekolah, kuliah, atau kerja atau yang lainnya? Pasti pernah kan.. meskipun cuma sekali seumur hidup. Ya kalo misalnya sama sekali gak pernah mengalami di kehidupan nyata, pasti pernah mengalami ketika.. mimpi.

Tentu punya alasan sendiri kenapa seseorang tergesa-gesa ketika akan pergi.
Mungkin dia lupa kalau dia harus pergi, mungkin juga karena bangun terlambat, atau mungkin mendapat kabar mendadak yang mengharuskan dia pergi, atau…

Dan ketika dalam keadaan tergesa-gesa atau terburu-buru, biasanya akan terjadi beberapa hal yang tidak mengenakkan yang berujung pada rasa malu, kecewa, sedih, dll.



Mendadak kehilangan apa yang dibutuhkan saat itu juga


Hey Kamu yang Tergesa Sebelum Pergi! Kejadian Tak Mengenakkan Ini Bisa Saja Menimpamu

Entah kenapa semua barang mendadak menghilang ketika kita sedang tergesa-gesa. Sepatu, baju, handphone, atau yang lainnya mendadak raib. Padahal mereka ada, mereka nyata, tapi karena tergesa-gesa tadi seolah-olah mereka berubah menjadi barang ghaib.



Semua terlihat abstrak, apa-apa ditabrak


Hey Kamu yang Tergesa Sebelum Pergi! Kejadian Tak Mengenakkan Ini Bisa Saja Menimpamu

Ceroboh, panik, bingung campur aduk jadi satu. Tak mungkin bisa tenang ketika dikejar-kejar waktu.
Yang ada dipikiran kita yang penting bisa gerak cepet. Dan saking cepetnya.. nabrak pintu, nabrak jendela, nabrak tembok, nabrak kursi, kesandung kaki meja, kepleset. Duh.. sakiiiit



Ada yang tertinggal, dan sialnya baru ingat ketika sudah di jalan atau mungkin ketika sudah sampai di tempat tujuan


Hey Kamu yang Tergesa Sebelum Pergi! Kejadian Tak Mengenakkan Ini Bisa Saja Menimpamu

Dalam keadaan tergesa, biasanya semuanya menjadi acak-acakan, konsentrasi menurun, daya ingat menurun, cepat tapi tidak tepat, dan akhirnya..

"Astaga lupa, ga bawa dompet"
"Duh, handphonenya tadi ketinggalan apa ilang ya?"
"Ya ampuun.. flashdisknya, file presentasinya kan di situ"

Tapi masih beruntung, karena tidak lupa bawa nyali


Lupa akan keselamatan, baik keselamatan sendiri atau orang lain ketika di jalan. 


Hey Kamu yang Tergesa Sebelum Pergi! Kejadian Tak Mengenakkan Ini Bisa Saja Menimpamu

Saking terburu-burunya akhirnya di jalan kebut-kebutan atau melanggar peraturan lalu lintas. Ini yang bahaya. Dimanapun, kapanpun yang namanya hati-hati dan waspada itu penting.

Di FTV, kalau lagi tergesa-gesa dan nggak sengaja nabrak orang dijalan, biasanya orang yang ditabrak itulah yang nantinya akan menjadi jodoh si penabrak.

Di sinetron, kalau lagi tergesa-gesa dan nggak sengaja nabrak orang dijalan, biasanya calon orang yang ditabrak akan diam ditempat menatap si calon penabrak sambil teriak “Aaaaaaaaaaaaa…”

Di kehidupan nyata, kalau lagi tergesa-gesa dan nggak sengaja nabrak orang dijalan,
banyak kemungkinan yang akan terjadi



Waktu berjalan terasa lebih cepat dan tidak memberi kita kesempatan untuk lebih tenang. 


Hey Kamu yang Tergesa Sebelum Pergi! Kejadian Tak Mengenakkan Ini Bisa Saja Menimpamu

Siap-siap 5 menit cukup, tapi pas liat jam.. loh kok udah 10 menit. Cepet banget
Waktu berjalan normal, tapi kita hanya punya sedikit waktu dan kita terus dikejar olehnya,
karena itulah waktu terasa lebih cepat.



Memperhatikan penampilan hanya sekilas, padahal ada sedikit masalah dengan penampilan


Hey Kamu yang Tergesa Sebelum Pergi! Kejadian Tak Mengenakkan Ini Bisa Saja Menimpamu

Baju kebalik, kaos kaki beda warna, sepatu yang bukan pasangannya, make up belepotan, atau..
Ada yang mengingatkan atau sadar sendiri kalau ada yang tidak beres sebelum pergi itu namanya beruntung. Tapi kalau sadar setelah sampai tempat tujuan? Atau mungkin malah sama sekali tidak sadar? Bersiap untuk malu



Meskipun sudah berusaha, tapi ujung-ujungnya terlambat juga


Hey Kamu yang Tergesa Sebelum Pergi! Kejadian Tak Mengenakkan Ini Bisa Saja Menimpamu

Demi memburu waktu, segala macam musibah kecil telah dilewati tapi akhirnya.. terlambat.
Cobalah untuk memaafkan diri sendiri dan berjanji pada diri sendiri pula untuk berusaha tidak tergesa atau terburu-buru sebelum pergi.


Mengingat banyaknya kerugian yang akan menimpa, sepertinya tidak ada orang yang ingin tergesa-gesa atau terburu dalam melakukan sesuatu dalam hidupnya. Tapi kadang apa yang kita lakukan di luar rencana kita yang mengharuskan kita bergerak cepat karena dikejar waktu.
 

Tapi.. alangkah baiknya jika untuk rutinitas atau segala kegiatan yang sudah terjadwal kita lakukan dengan tidak tergesa-gesa. Persiapkan semuanya dengan baik, lakukan dengan tenang, jangan menunda, jangan menyepelekan waktu karena manajemen waktu adalah kunci agar tidak selalu tergesa-gesa.
 

Ini Moment yang Bisa Membuat Orang Tua Meneteskan Air Mata

Banyak hal yang membuat orang tua menangis, entah itu menangis karena haru, bahagia, sedih, kecewa atau menyesal. Tapi yang jelas sudah banyak air mata yang dikeluarkan oleh orang tua untuk anaknya.

Ibu, dia adalah sosok yang pandai menunjukkan rasa sayangnya, tak ada rasa canggung ketika dia mengungkan rasa sayangnya kepada anak-anaknya. Dan ketika dia tak mampu untuk berkata, air matanya sudah mewakili apa yang dirasanya.

Ayah, selama ini kita kenal bahwa ayah adalah sosok yang tegas, kaku, cuek atau bahkan mungkin galak. Tapi sebenarnya dia adalah sosok yang tak jauh beda dari ibu, hanya saja dia tak pandai mengungkapkan rasa sayangnya. Dibalik sosoknya yang tegas ternyata seorang ayah juga bisa menitikkan air mata.


Ketika sang anak dilahirkan ke dunia


Hey Gan Sist, Ini Dia Moment yang Bisa Membuat Orang Tua Meneteskan Air Mata



Tangis seorang bayi yang baru dilahirkan ternyata mampu membuat sang ibu menangis, ya menangis bahagia karena telah lahir seorang anggota baru dalam keluarga.
Kehadirannya mampu mengubah kehidupan ayah dan ibunya. Ibu tak punya waktu lagi untuk bersedih, karena hari-harinya sudah diisi dengan senyum lucu dari malaikat kecilnya. Kehadirannya jugalah yang menjadi alasan bagi ayah untuk lebih semangat lagi dalam bekerja, tak peduli jika dia harus bekerja hingga larut malam.



Ketika anak bisa membuat bangga orang tua


Hey Gan Sist, Ini Dia Moment yang Bisa Membuat Orang Tua Meneteskan Air Mata



Apa yang membuat orang tua bangga tentunya akan memberikan kebahagian tersendiri bagi mereka dan tentunya akan membuat mereka bersyukur.

"Apa yang aku dapatkan selama ini, belum cukup untuk membalas apa yang sudah kalian berikan selama ini.
Satu hal yang ingin aku katakan, Ayah, Ibu, terima kasih karena kalian berhasil mendidikku sampai detik ini, hingga akhirnya aku bisa seperti ini. Dan aku selalu berharap, kalian akan selalu seperti ini sampai kapanpun."



Ketika anak dalam kesusahan atau kesedihan


Hey Gan Sist, Ini Dia Moment yang Bisa Membuat Orang Tua Meneteskan Air Mata

Orang tua selalu berharap anak-anaknya akan selalu bahagia dan baik-baik saja. Tapi tak bisa dipungkiri, yang namanya kesusahan atau kesedihan suatu saat akan menghampiri. Dan ketika anak menangis atas kesedihannya, saat itulah seorang ibu atau bahkan mungkin juga ayah juga akan menangis karena bagaimanapun juga orang tua pasti akan tetap ikut merasakan kesedihan dari anak-anaknya.

"Ayah, ibu, aku hanya ingin berbagi cerita, bukan berbagi air mata. Berjanjilah kalau kalian tidak akan menagis lagi. Doakan saja, semoga semuanya akan baik-baik saja, meskipun saat ini aku tidak baik-baik saja, semoga aku bisa tegar menjalani semua, seperti ayah yang selalu tegar menjalani hidupnya.”



Ketika anak disakiti atau mendapat perlakuan buruk


Hey Gan Sist, Ini Dia Moment yang Bisa Membuat Orang Tua Meneteskan Air Mata

Setiap orang tua pasti tidak ingin anaknya di sakiti atau mendapat perlakuan buruk dari orang lain. Mereka akan selalu melindungi anaknya. Padahal sekarang ini yang namanya bullying sudah bukan menjadi hal yang asing lagi.

"Aku tahu jika kalian tidak akan pernah bisa melihat aku disakiti orang lain, karena hal ini juga akan menyakiti kalian. Kalian selalu melindungiku dan selalu membuatku merasa aman.
Aku berjanji, jika suatu hari nanti ada orang yang ingin menyakitiku lagi, aku tidak akan membiarkan hal itu terjadi karena aku tidak ingin melihat kalian menangis."



Ketika anak pulang ke rumah setelah lama merantau


Hey Gan Sist, Ini Dia Moment yang Bisa Membuat Orang Tua Meneteskan Air Mata

Menghubungi anak via telepon memang bisa mengobati rasa rindu orang tua ke anaknya, tapi ada moment yang lebih membahagiakan yang bisa membuat orang tua menangis haru, adalah ketika sang anak pulang dari perantauan setelah lama meninggalkan kampong halamannya.

"Sebenarnya aku masih ingin di rumah. Aku masih ingin menikmati masakan ibu. Aku masih ingin berbincang dengan ayah. Aku masih ingin merasakan kehangatan keluarga ini.
Tapi aku tak bisa memaksakan egoku. Aku harus menjalani hidupku. Ketika aku pergi, aku tak bermaksud untuk meninggalkan atau melupakan kalian. Aku hanya ingin membahagiakan kalian, membahagiakan kalian dengan caraku sendiri. Ayah, ibu, tetaplah merindukanku ketika aku tidak ada di rumah, karena di sana aku juga selalu merindukan kalian."



Ketika orang tua merindukan anaknya


Hey Gan Sist, Ini Dia Moment yang Bisa Membuat Orang Tua Meneteskan Air Mata

Adalah wajar jika orang tua merindukan anaknya, dan ketika ayah atau ibu mencoba menelfon atau mengirim pesan tapi tidak ada jawaban, maka mereka diam-diam menyebut nama anaknya di dalam doanya.

Adakah diantara kalian yang merindukan orang tua kalian ketika kalian saling berjauhan, atau hanya kekasih kalian saja yang kalian rindukan?

"Anakmu di sini juga merindukan kalian. Kalian bisa menghubungiku kapan saja kalian mau,
karena aku sudah berjanji akan meluangkan waktu sejenak di tengah kesibukanku untuk kalian."



Ketika sang melakukan tindakan-tindakan sederhana tapi sangat bermakna


Hey Gan Sist, Ini Dia Moment yang Bisa Membuat Orang Tua Meneteskan Air Mata

Memberinya kejutan kecil, ungkapan sayang, ungkapan terimakasih, maaf atau lainnya. Sederhana, tapi jarang dilakukan. Dan ketika seorang anak sadar dan memperhatikan hal itu, orang tua sebenarnya sudah sangat bahagia, karena merasa selalu mendapat perhatian dari anak-anaknya.

"Ayah, ibu.. maaf jika selama ini aku selalu menyusahkan kalian, maaf jika aku belum bisa menjadi terbaik, maaf jika selama ini aku pernah menyakiti perasaan kalian. Tapi ketahuilah, meskipun aku tak mengatakannya setiap hari, aku selalu menyayangi kalian sampai kapanpun, bahkan ketika nanti aku punya kehidupan baru.
Terima kasih untuk pengorbanan kalian selama ini, untuk waktu yang telah kalian berikan, untuk kasih sayang yang tak pernah habis, terima kasih untuk semuanya. Dan satu hal yang harus kalian tahu, aku bangga memiliki orang tua seperti kalian."



Ketika orang tua melepaskan anaknya ke pelaminan


Hey Gan Sist, Ini Dia Moment yang Bisa Membuat Orang Tua Meneteskan Air Mata

Bukan hanya ibu yang menangis haru melihat anaknya menikah, ayahpun juga. Sosok ayah, yang selama ini kamu kenal sebagai pribadi yang tegaspun, ternyata bisa menitikkan air mata di moment bahagia ini. Hanya saja, sosok ayah terlalu pandai menyembunyikan air matanya karena saat itulah orang tua harus melepaskan anaknya memulai hidup baru dengan keluarga barunya, dan tentu saja, waktu untuk bersama akan berkurang.

"Ah, rasanya baru kemarin kita berbincang di teras, masih sangat ingat ketika aku memaksa ayah untuk bercerita tentang ayah dan ibu dulu, bagaimana awal kalian bertemu sampai akhirnya kalian menikah.
Dan sekarang..tak terasa kini giliranku untuk menapaki jenjang hidup baru. Tapi meskipun begitu, aku ingin tetap menjadi putri kecil kalian, yang ingin selalu kalian manja."



Ketika anak mau bekerja membantu memenuhi kebutuhan keluarga


Hey Gan Sist, Ini Dia Moment yang Bisa Membuat Orang Tua Meneteskan Air Mata

Tidak semua anak dilahirkan di keluarga berada. Ada diantaranya yang dilahirkan di keluarga dengan ekonomi pas-pasan atau bahkan kurang. Dan ketika seorang anak bekerja untuk membantu orang tuanya, saat itu lah si anak sukses membuat orang tuanya meneteskan air mata. Disatu sisi orang tua merasa sedih, karena merasa belum bisa memberikan yang terbaik untuk anaknya, tapi di sisi lain, orang tua akan bangga dan bersyukur, karena mempunyai anak yang mengerti keadaan.

"Ayah, ibu, aku sama sekali tidak merasa terbebani dengan apa yang aku lakukan. Aku ikhlas membantu kalian karena kita keluarga, susah dan senang kita harus sama-sama merasakannya. Selama ini kalian sudah menjadi yang terbaik, kalian telah mengajarkanku banyak hal. Dan aku bersyukur dilahirkan ditengah keluarga ini."



Ketika seorang anak dengan tulus merawat orangtuanya yang sudah renta


Hey Gan Sist, Ini Dia Moment yang Bisa Membuat Orang Tua Meneteskan Air Mata

Ketika memasuki usia senja, orang tua hanya butuh perhatian dan kasih sayang dari anak-anaknya. Dan ketika hal ini di dapat, adalah kebahagiaan tersendiri bagi orang tua.

"Selama ini kalian sudah merawatku dan membesarkanku dengan penuh kasih sayang. Dan sekarang giliranku untuk menjaga dan merawat kalian. Aku tidak ingin melihat kalian bekerja, atau terlalu banyak fikiran.
Aku ingin kalian menikmati masa tua kalian. Berbahagialah, sekarang biarkan aku yang bekerja dan memenuhi semua kebutuhan kalian. Aku ingin melakukan semua apa yang kalian lakukan dulu terhadapku."



Ketika sang anak melakukan suatu kesalahan yang... 


Hey Gan Sist, Ini Dia Moment yang Bisa Membuat Orang Tua Meneteskan Air Mata

Ketika seorang anak melakukan kesalahan yang besar, saat itu juga orang tua akan menyalahkan dirinya sendiri, mereka akan merasa gagal mendidik anaknya.
Mereka akan sangat kecewa karena kepercayaan yang diberikan telah dikhianati dan tak mengindahkan nasihat-nasihatnya selama ini

"Maaf, ayah, ibu, karena aku telah mengecewakan kalian. Ah, rasanya kata maaf saja tak cukup. Aku telah membuat banyak kesalahan, tapi kesalahan yang membuatku sangat menyesal adalah ketika aku membuat kalian menangis. Aku menyesal, dan jika kalian ingin menghukumku, aku akan menerima hukuman itu. Aku berjanji, aku tidak akan membuat kalian menangis lagi, aku akan memperbaiki hidupku. Maaf..."



Ketika melihat anak-anaknya berdebat siapa yang akan mengurus mereka ketika tua nanti


Hey Gan Sist, Ini Dia Moment yang Bisa Membuat Orang Tua Meneteskan Air Mata

Mungkin ini menjadi salah satu hal yang bisa membuat orang tua merasa tersakiti. Dulu mereka merawat anak-anaknya dengan pebuh kasih sayang tanpa pamrih. Apapun rela dilakukannya demi anaknya. Tapi ketika anak-anaknya sudah dewasa, jutru malah berdebat siapa nanti yang akan merawat. Benar adanya, jika satu ibu bisa merawat 10 anak, tapi 10 anak belum tentu bisa merawat satu ibu.



Ketika seorang anak lebih dulu dipanggil Sang Pencipta


Hey Gan Sist, Ini Dia Moment yang Bisa Membuat Orang Tua Meneteskan Air Mata

Tidak bisa lagi disembunyikan rasa sedih dan air matanya, ketika anaknya dipanggil oleh Sang Pencipta lebih dulu. Tidak ada yang bisa dilakukan selain bersabar dan berdoa semoga dia diterima di sisi-Nya.



Sudahkah kita membahagiakan orang tua kita?
Seberapa besar rasa sayang kita kepada mereka?
Seberapa sering kita membuat mereka merasa kecewa?

Selama ini mungkin kita terlalu egois, kita terlalu sibuk dengan kehidupan kita sendiri, tanpa kita sadari kita sedikit melupakan sosok yang selama ini sangat berarti dalam hidup kita.

Tidak ada salahnya jika kita meluangkan waktu kita untuk mereka,
sejenak mengajaknya berbincang, bercerita tentang hari-harinya.

Adakah hal yang membuatmu sedih hari ini?
Adakah hal yang membuatmu kecewa hari ini?
Adalah hal yang membuatmu menyesal hari ini?

Ah, selalu saja kalian tak mau berbagi kesedihan, hanya kebahagiaan yang selalu kalian bagikan selama ini.
Aku juga ingin mendengar cerita sedihmu, aku tak ingin kalian merasakannya sendiri.
Aku juga ingin membuat kalian tersenyum, seperti yang kalian lakukan selama ini ketika aku bersedih.
Apapun yang kalian rasakan, aku juga ingin ikut merasakan, tak peduli itu senang atau sedih,
karena aku menyayangi kalian.
Yaa.. aku menyayangi kalian, meskipun aku jarang mengatakannya.

No love is greater than mom's love
No care is greater than dad's care

Sumber

Menunggu Itu Menjemukan, Jadi Jangan Buat Orang Lain Lama Menunggu

"Ngampus itu penuh perjuangan! Sampe di kampus, 10 menit.. 15 menit.. 25 menit.
Ini kemana sih bapak dosennya? Telatnya keterlaluan, gak kasih kabar, dihubungi juga gak bisa.
Kemaren udah janjian mau konsul jam 09.00. Ini udah jam 10.29 tapi kok belum ada yaa?
Aduh bapaaaak."

"Kemaren minta CODan jam 10.00. Eh, jam 10.59 baru dateng.
Kalo telat bilang dong"

"Hi there.. Apa kabar?
Bisakah kau katakan padaku, sampai kapan aku harus menunggumu?
Bukannya aku lelah menunggu, aku hanya ingin belajar matematika.
730 hari kalo dijadikan windu, berapa windu yaa?
Hmmm.."


Sepenggal kisah dari mereka yang pernah menunggu
Bukan edisi galau

Pernah menunggu atau membuat orang lain menunggu?
Ya pasti pernah lah.
Yup, menunggu memang bukan hal yang menyenangkan,
apalagi kalau menunggunya lama dan tidak ada kejelasan.
Duh, lelah

Menunggu dengan kepastian atau tanpa kepastian gak jauh beda, rasanya…

Waktu berjalan terasa begitu lambat


Hey.. Menunggu Itu Menjemukan, Jadi Jangan Buat Orang Lain Lama Menunggu

“Sedetik menunggumu disini, seperti seharian
Berkali kulihat jam ditangan
Demi membunuh waktu
Tak kulihat tanda kehadiranmu
Yang semakin meyakiniku
Kau tak datang…”

Tuh kan sedetik aja rasanya kayak sehari. Lamaaaaa

Perasaan campur aduk


Hey.. Menunggu Itu Menjemukan, Jadi Jangan Buat Orang Lain Lama Menunggu

“Duh, kemana sih dia? Kok belum dateng?
Gak kasih kabar, ditelfon juga gak bisa.
Dikira bahagia kali yaa nunggu gak jelas kayak gini.
Membosankan!
Awas aja nanti kalo udah dateng.
Mmm… apa aku pulang aja kali yaa?
Eh tapi nanti kalo dia tiba-tiba dateng gimana?
Ah gak mungkin, ini udah hampir sejam tapi belum ada tanda dia bakalan dateng.
Bentar, jangan-jangan dia… “

Cemas, gelisah, bosan, kesal, lelah, jenuh, ngantuk, lapar, gusar bisa dirasakan dalam satu waktu sekaligus.
Tapi perasaan itu bisa berubah seketika saat yang ditunggu sudah datang. Bahagia, haru, lega.
Tapi bagaimana jika yang ditunggu tak kunjung datang? Hmm… entahlah

Melakukan kegiatan lainpun belum tentu bisa menghilangkan jenuhnya menunggu


Hey.. Menunggu Itu Menjemukan, Jadi Jangan Buat Orang Lain Lama Menunggu

"Daripada bengong gak jelas, mending baca novel atau main game, biar ga kerasa nunggunya"

7 menit..
11 menit..
16 menit..

"Aaarrrrggghhhh, kok tetep lama yaa"

Ya begitulah jadinya kalo terlalu fokus menunggu

Menunggu memang bisa mendatangkan amarah, tapi di sini kita juga bisa belajar untuk sabar


Hey.. Menunggu Itu Menjemukan, Jadi Jangan Buat Orang Lain Lama Menunggu

“Ini emang dasarnya lama apa jam ku yang nyaris tewas yaa?
Perasaan dari tadi jarum jamnya diem aja, males gerak.
Haduuuuh, sabar... sabar… Semoga 47 detik lagi dia datang.”

Sabar menunggu, bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan.
Tapi tidak ada salahnya kita mencoba sabar daripada marah sendiri gak jelas.
Tidak ada gunanya juga kita menunjukkan rasa kecewa kita ke mereka yang tidak tahu
betapa lelahnya kita menunggu


Ya seperti itulah kira-kira.

Menunggu bukanlah hal yang bisa membuat orang lain bahagia dan sehat.

Karena itulah, alangkah baiknya jika…


Ketika sudah berjanji untuk bertemu seseorang,

berusahalah untuk menepati janji dan menemuinya segera


Hey.. Menunggu Itu Menjemukan, Jadi Jangan Buat Orang Lain Lama Menunggu

“Hai kucingku yang cantik, kamu ke salon besok aja yaa. Soalnya aku ada janji, ini udah mau berangkat.
Gak enak kalo telat, kasian temenku juga kalo lama nunggu. Jaga rumah baik-baik yaa…”

Coba pikirkan ketika kita membuat seseorang menunggu,
betapa kecewanya dia yang telah membuang ratusan menit dari sisa waktu hidupnya di dunia.

Coba buat reminder


Hey.. Menunggu Itu Menjemukan, Jadi Jangan Buat Orang Lain Lama Menunggu

“Emaaak, aku besok mau ketemu sama temen jam 2 siang.
Udah ada reminder sih, tapi kan aku biasa tidur siang.
Tau sendiri kan aku kalo tidur kayak gimana.
Jadi, kalo besok aku gak bangun, emak bangunin aku yaa.
Terserah gimana caranya.
Mau pecahin gelas, piring, mangkok sah-sah aja yang penting aku bangun.
Tapi kalo bisa jatuhin tutup panci alumunium aja yaa.
Kroommpyaaaanggg... pasti langsung bangun.”

“Ah ribet banget jadi orang, sini hp kamu biar emak yang pegang.”

“Sudahlah maaak, gak usah kepo.”

Ketika sudah memutuskan untuk menemui seseorang,
segera buat reminder agar tidak lupa dan nantinya bisa datang tepat waktu.
Tapi jika berjanji akan menemuinya 2 windu lagi, sepertinya tidak perlu membuat reminder, itu terlalu lama.
Dan takutnya nanti si reminder juga lupa mau mengingatkan

Atau bisa juga minta tolong ke dia atau mereka yang akan kalian temui untuk mengingatkan kalian kalau ada janji untuk bertemu


Hey.. Menunggu Itu Menjemukan, Jadi Jangan Buat Orang Lain Lama Menunggu

"Eh besok tolong diingetin lagi yaa. Suka lupa soalnya."

"Oke, kalo gak lupa aku ingetin."

"Loh, situ pelupa juga?"

"Iyaa."

"Trus besok gimana kalo kita lupanya barengan?"

"Ya bagus dong kalo lupanya barengan, daripada lupanya cuma sepihak."

Yaa semoga orang yang dimintai tolong untuk mengingatkan bukanlah tipe orang pelupa

Jangan asal membuat janji, pastikan tidak ada acara lain ketika akan bertemu



Hey.. Menunggu Itu Menjemukan, Jadi Jangan Buat Orang Lain Lama Menunggu

"Oke besok jangan lupa jam 09.00 yaa."

"Okeeee."

Keesokan harinya..

"Halo.. kamu dimana? Aku udah sampe ini."

"Eh iya, tunggu 18 menit lagi yaa soalnya ini aku masih di posyandu.
Udah yaa aku tutup telfonnya, adikku nangis ini.
Sampe ketemu nanti. "

Tuh kan jadi bentrok acaranya. Kalau sudah ada acara lain, lebih baik atur ulang jadwalnya

Mengulur waktu bukanlah kebiasaan baik, jadi mulailah membiasakan diri untuk disiplin


Hey.. Menunggu Itu Menjemukan, Jadi Jangan Buat Orang Lain Lama Menunggu

"Bentar lagi aja berangkatnya, 13 menit lagi gak papa kali yaa.
Palingan dia juga telat."

9 menit kemudian..

"Halo.."

"Eh kamu udah berangkat belum? Ini aku udah sampe."

"Eh iya iya, bentar lagi sampe kok."

Jangan samakan dia atau mereka dengan dirimu yang suka mengulur waktu
Ketidakdisiplinan itu bisa menular, satu orang tidak disiplin,
ada kemungkinan yang lain juga akan ikut tidak disiplin.
Bukankah dengan disiplin hidup kita juga akan lebih rapi dan terarah? 

Menghargai waktu dan orang yang yang sudah membuat janji dengan kita



Hey.. Menunggu Itu Menjemukan, Jadi Jangan Buat Orang Lain Lama Menunggu

“Udah lama?”

“Baru aja. Oiya, tumben kamu gak telat. Biasanya kan telat terus.”

“Ya itu kan dulu, sekarang udah beda. Rugi sendiri kalo suka ngulur waktu, nunda pekerjaan, dan.. bikin orang nunggu.”

Mulailah untuk menghargai waktu,
karena waktu tidak bisa diputar atau diulang kembali.
Bahkan untuk menghentikan sejenakpun kita tak kuasa.

Dan... ketika orang lain menghargai kita dengan datang tepat waktu,
tidak alasan bagi kita untuk membuatnya menunggu lama.

Segera beri tahu jikalau akan datang terlambat, tidak bisa datang, atau membatalkan janji



Hey.. Menunggu Itu Menjemukan, Jadi Jangan Buat Orang Lain Lama Menunggu

“Halo.. pak, bapak nanti aku pulang sore.
Gak jadi kosong kuliahnya, dosennya batal rapat. Nanti bapak ngangon sapinya sendiri aja yaa.
Gak usah nungguin aku. Oiya pak, jangan lupa juga kasih makan si meong yaa, pliiisss..”

“Tapi nanti pulang beliin bapak es cendol yak.”

“Oke siap.”

Menunggu tanpa ada kejelasan membuat kita dalam kebimbangan.
Apalagi kalau menunggunya sampai berwindu-windu
Jadi, sebelum terlambat alangkah baiknya jika kita segera memberinya kabar
jika pertemuan kali ini dibatalkan, ditunda, atau sedikit terlambat.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur membuatnya menunggu tapi kita malah tidak bisa datang?


Hey.. Menunggu Itu Menjemukan, Jadi Jangan Buat Orang Lain Lama Menunggu

“Maaf, kemaren udah nunggu lama, tapi aku malah gak bisa dateng.”
“Iya gak papa kok, asal jangan diulangi lagi aja.
Kalo gak bisa dateng, kasih kabar, biar gak nunggu gak jelas kayak kemaren"

“Oke diusahakan. Oiya, besok kan ada ujian. Besok kamu nyontek aku aja.
Yaa anggap aja sebagai ganti rugi waktu kamu yang udah terbuang percuma kemaren.”

“Makasih, tapi aku gak sebodoh itu. Aku bisa ngerjain sendiri kok.
Dan.. maaf, aku harus pergi sekarang..”

“Eh mau kemana? Lah kok malah pergi?”

Ketika kita terlanjur membuat orang lain menunggu tapi kita malah tidak bisa datang, yang pertama kali sebaiknya kita lakukan adalah minta maaf tanpa harus membuatnya emosi. Minta maaf dengan tulus.
Dan jangan berjanji kepadanya tidak akan mengulanginya lagi.
Tapi berjanji pada diri sendiri untuk tidak membuat orang lain menunggu tanpa ada kejelasan.

Duh, nggak ngerti kenapa ane bisa bikin thread kayak gini

Gimana gan sist? Masih hobi membuat orang lain menunggu?
Ada atau tidak ada kepastian, yang namanya menunggu tetap saja menjemukan.
Tapi masih mending yang ada kepastian, meskipun lama, toh nanti akhirnya akan ada perasaan bahagia dan lega.

Lha yang tidak ada kepastian??
Sudahlah, batalkan saja menunggunya.
Buat apa menunggu yang tidak jelas?
Di saat kita menunggu, tanpa kita sadari ada orang lain yang sedang menunggu kita.
Ya belum tentu juga sih

Jadi yaa.. hiraukan saja dia yang menunggumu.
Lupakan dia yang membuatmu menunggu tanpa ada kejelasan.
Satu dekade menunggu kok masih aja abstrak

Dan ternyata, mengetik dan menunggu itu tak jauh beda.
Keduanya membuat.. lelaaaaah

Oke cukup, ada yang mau bertanya?
Ayo mau nanya apa? Nanya sumber?
Ga ada, ini TS mikir + ngetik sendiri

Sumber
Gambar dari Google

Apa Saja Yang Akan Dirasakan Saat Menjadi Mahasiswa ?

Apa Saja Yang Akan Dirasakan Saat Menjadi Mahasiswa ?

Pada thread ini, aku akan membahas mengenai hal yang akan dirasakan saat menjadi mahasiswa. Menjadi mahasiswa itu tidak seenak yang kalian banyangkan. Bahkan mereka yang masih SMA mengatakan kalau mereka pada gak sabar pengen cepat-cepat tamat, bisa kuliah, biar banyak waktu santainya.
Pale lu bisa santai
Kalian terlalu banyak nonton FTV yang jalan kuliahnya cuma jumpa cewek, kenalan, pacaran, berantam, putus, balikan lagi, terus wisuda jadi sarjana. Terus ada yang yang berpendapat kalau masa kuliah itu masa yang pas buat nyari jodoh. Kalau menurut aku, pendapatmu itu cuma sebatas teori. Buktinya aja aku yang udah 4 tahun kuliah masih saja jomblo
Oke langsung saja kembali ke topik

1. Tugas yang lebih banyak

Apa Saja Yang Akan Dirasakan Saat Menjadi Mahasiswa ?

Bukan kuliah namanya kalau tugasnya gak banyak. Tugas yang disuruh biasanya dalam bentuk project yang hasilnya bukan hanya di selembar kertas. Ditambah lagi kala ada praktikum yang mewajibkan seluruh mahasiswa membuat laporan praktikum. Laporannya bukan cuma ditulis di selembar kertas, namun ditulis menjadi buku yang berisi 4 BAB. Laporan itu harus udah selesai dengan deadline 3 hari. Semua itu ditulis dengan tulisan tangan. Kalau asisten lab nya cakep dan baik hati , laporannya bisa diketik dengan komputer.
Satu Praktikum = Satu Laporan
Bagaimana jika ada 8 praktikum? Gak akan ada lagi yang namanya tidur malam.
Masih berani bilang santai lagi??

2. Gak ada lagi razia rambut

Apa Saja Yang Akan Dirasakan Saat Menjadi Mahasiswa ?

Bergembiralah kalian
 
Karena emang benar gak ada lagi razia rambut, dengan begitu kalian bisa tampil kece. Bisa style model rambut mirip Andika.
Tapi jangan senang dulu
 
Soalnya ada beberapa fakultas membolehkan mahasiswanya rambut panjang, dan ada juga yang melarangnya, seperti fakultas kedokteran, fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kan gak mungkin ada dokter yang rambutnya gondrong. Terus ada guru cowok yang gondrong. Kan gak mungkin mereka yang buat peraturan, mereka yang ngelanggar.

3. Dosen yang berbeda kepala

Apa Saja Yang Akan Dirasakan Saat Menjadi Mahasiswa ?

Aku bukan membahas mengenai kepala mereka plontos apa gak, tapi maksudnya pemikirannya. Kalau pemikirannya udah gak sejalan memang susah, kadang juga emosi sendiri. Contohnya saat bimbingan skripsi.
Ada dua dosen pembimbing sebut saja namanya Pak Slamet dan Pak Doyok.

Saat bimbingan dengan Pak Slamet dia ngomong,
“Saya inginnya kamu itu menggunakan metode A. Ganti…”.

Trus saat bimbingan dengan Pak Doyok,
“Metode A ini terlalu mudah, saya gak suka kamu menggunakan metode ini. Ganti…”

Kalau begini keadaanya, kalian ngomong,
“Ribut ajalah kalian berdua sana”.

Itu cuma contoh, kalau kalian punya nyali, boleh ditiru. Dan untuk kalian yang hendak kuliah, persiapkan aja diri kalian buat menghadapi situasi yang kayak gitu.

4. Jumpa senior yang sok hebat

Apa Saja Yang Akan Dirasakan Saat Menjadi Mahasiswa ?


Saat awal kuliah, kalian akan merasakan yang namanya masa-masa Maba (Mahasiswa Baru). Biasanya sebelum memulai kuliah, akan ada yang namanya ospek. Apapun nama kegiatannya, mau itu orientasi, silaturahmi, keakraban, perkenalan, intinya kegiatan itu yaitu ospek/perloncoan. Jadi jangan terpengaruh dengan nama kegiatannya.
Meskipun udah dilarang, tapi mereka masih aja nekat buat acara itu. Nah, dikegiatan ini kalian akan menjumpain spesies diatas, senior sok hebat.

Kenapa aku bilang sok hebat? Soalnya tuh orang sok ngurusin orang lain, buat kegiatan yang gak penting, sedangkan tujuan utamanya kuliah dilupakan
 
Sebenarnya kegiatan tersebut gak berpengaruh dengan kegiatan akademik. Walaupun kalian gak ikut, kalian bisa mengikuti kuliah, bisa wisuda, bisa jadi sarjana. Banyak maba yang mengikuti kegiatan itu karena mereka diteror oleh para seniornya kalau gak bisa wisuda jika gak ikut dalam kegiatan tersebut.

 It’s bullshit...!!!

Kalau percaya dengan omongan mereka, kalian udah masuk ke aliran sesat mereka, Senioriyah. Sekarang aku tanya buat semuanya, apa kalian pernah dengar berita

“Seorang mahasiswa batal wisuda gara-gara gak ikut ospek” ?

Aku yang udah 4 tahun kuliah belum pernah dengar berita kayak gitu.

5. Menjadi anak kos

Apa Saja Yang Akan Dirasakan Saat Menjadi Mahasiswa ?

Sebagian besar mahasiswa pasti akan merasakan tinggal di kos-kosan. Kalau sudah begini, kalian akan dituntut menjadi seorang yang mandiri. Tak ada orang tua, tak ada yang menyiakan makanan, tak ada yang menyuci baju. Kalian sudah harus mengurus kehidupan kalian sendiri. Atur juga menu makanan kalian, sediakan indomie saat darurat.

 Waspada juga saat kalian menghadapi akhir bulan

Jangan sampai pacar kalian minta putus karena ayahnya suka makan beng-beng dingin sedangkan kalian suka makan beng-beng pakai nasi.
Jangan sampai dompet kalian beralih fungsi manjadi kopiah gara-gara gak ada isinya.

Saat jadi anak kos, kalian juga akan merasakan budaya antri di kamar mandi. Mau mandi harus antri, mau boker pun harus antri.
 

Gimana mau gak antri, jika seandainya yang ngekos 12 orang dan kamar mandinya cuma satu. Kalau udah lagi buru-buru, ya terpaksa deh mandi berdua. Tapi tetap pakai daleman. Jangan sampai kasus Saiful Jamil terulang kembali.

Sumber