Afisnuha

Kenapa Kemudi Mobil di Indonesia Ada di Sebelah Kanan?

Agan-agan yang sering mengendari mobil, atau bahkan sekedar nebeng pasti tahu dong kalo kemudi mobil ada di sebelah kanan, bukan di kiri, supaya ga salah masuk, kalo mau nebeng teman agan  tapi tahukah agan bahwa ternyata ada sejarah panjang dibalik kemudi mobil di sebelah kanan? kenapa ga di kiri ya? ga seperti di luar negri.. kan keren
nah, daripada bingung disimak tritnya gan



Mengapa kemudi kita ada di kanan?

Setiap harinya banyak dari kita yang bepergian menggunakan mobil. Tapi, pernahkah anda bertanya, kenapa posisi kemudi mobil agan harus berada di sebelah kanan?  Nyatanya, hanya 35% negara di dunia mengadopsi posisi kemudi mobil sebelah kanan seperti di Indonesia, sedangkan 65% lainnya mengadopsi posisi kemudi mobil di sebelah kiri
Lalu, kenapa kemudi posisi mobil Indonesia harus di sebelah kanan?







Ternyata karena perbedaan jalur kendaraan dari dahulu gan!

Pendeknya, perbedaan posisi kemudi mobil, disebabkan oleh perbedaan jalur kendaraan yang diadopsi tiap negara. Umumnya, jika jalur kendaraan ada sebelah kiri, posisi kemudi mobil, akan ada di sebelah kanan. Begitu juga sebaliknya






Hal itu terjadi karena posisi kemudi tersebut, memungkinkan sang pengemudi untuk memiliki jangkauan penglihatan yang lebih jauh kedepan



Hal itu seperti yang terjadi di Perancis dan Amerika dulu, ketika sang pengendara kereta kuda, memposisikan kursi kemudinya ke arah tengah badan jalan, untuk dapat lebih menjaga keselamatan kereta kuda dari orang yang berjalan dari arah berlawanan



Pada Zaman ksatria malah menggunakan jalur kiri gan!

Jalur kanan dan kiri sendiri, memiliki sejarah yang panjang gan  Jalur kiri, menurut sejarah, terjadi karena ksatria pada zaman dulu kebanyakan memegang pedangnya dengan tangan kanan, sehingga lebih mudah menjangkau musuh ketika sedang berkuda





Terus kenapa jalurnya jadi kanan gan?

Nah, jalur kanan, baru mulai dipopulerkan, setelah terjadinya revolusi Prancis. Sebagai simbol perlawanan terhadap kerajaan Napoleon menerapkan peraturan jalur kanan di Perancis. Kemudian singkatnya, pada abad ke-19, Napoleon hampir berhasil menguasai seluruh Eropa dan kemudian akhirnya ia menyebarluaskan aturan jalur kanan tersebut, ke berbagai negara yang ia kuasai. Hebat sekali ya gan  Lalu, bagaimana dengan Indonesia?



Terus kenapa di Indonesia bisa di kanan?

Singkatnya, banyak dari jalur yang ada di suatu negara, dibawa oleh para penjajah yang menerapkan aturan dari negaranya sendiri, ke negara-negara koloninya. Itu yang terjadi pada Indonesia, dimana Belanda membawa aturan tersebut ke negeri kita pada jaman penjajahan  Fakta uniknya, Belanda sendiri sekarang menggunakan jalur kanan, bukan jalur kiri, karena ia dulu sempat dikuasai oleh Napoleon dan peraturannya terus berlanjut hingga sekarang



Sedangkan negara Inggris dan koloninya, yang melawan dan tak pernah takluk oleh Napoleon, masih menggunakan jalur kiri, seperti kita, di Indonesia. Karena menggunakan jalur di sebelah kiri, mobil kita pun di Indonesia memiliki posisi kemudi mobil di sebelah kanan agar bisa melihat keadaan dari arah berlawanan




Selain itu, posisi kemudi kanan mobil di Indonesia juga banyak dipengaruhi oleh lakunya mobil-mobil produksi Jepang di Indonesia, yang memiliki posisi kemudi di sebelah kanan



Akhirnya kejawab gan!

Nah!! kejawab sudah gan!! akhirnya kita tahu, bahwa ga cuma di negara kita doang yang punya kemudi di kanan! bahkan di Inggris dan Australia punya kemudi di kanan lho!  nah, oleh sebab itu gan, banggalah kita punya kemudi di kanan  dan jangan sekali-sekali coba menjadi ksatria dengan menggunakan pedang di tangan kanan saat mengendarai mobil, karena nanti akan di tilang polisi



Sumber

Kenapa Air laut asin?

nah lho gan.. simpelnya si air laut asin karena garam  .tapi garamnya dari mana ya gan?  tapi yakin itu kandungannya garam aja? kenapa si kita ga minum air laut aja?
Nah, ini dia gan, ane berusaha menjawab pertanyaan paling mainstream ini

Berapa banyak air di bumi?

Bumi, tempat tinggal kita sekarang ini, 70% isinya terdiri dari air



Tapi dari 70% volume air di bumi, 97,5% merupakan air asin, dan hanya 2,5%nya adalah air tawar yang dapat dikonsumsi manusia  Malah, jumlah air tawar di bumi ini kebanyakan masih berbentuk lapisan es di kutub, yang pastinya sangat susah diminum kecuali itu kita jadiin es teh manis ala di warung pinggir jalan Dan kenapa ada air asin dan tawar di dunia ini?


Ternyata airnya dari hujan gan!

Awal mulanya adalah gara-gara hujan. Singkatnya, air hujan yang jatuh ke bumi menghantam berbagai jenis batuan  Air hujan itu memecahkan batuan di daratan, dan kemudian membawa garam dan mineral lain dalam batu-batuan tersebut bersamanya.


Air hujan itu kemudian pergi mengalir ke sungai membawa garam dan mineral lainnya tersebut kesana 


Terus kenapa bisa asin gan?

Setelah berkelana jauh, kemudian garam dan mineral lainnya tersebut, sampai ke tujuan akhirnya, yaitu laut  Karena ngga ada tempat untuk pergi lagi, garam dan mineral lainnya tersebut, akhirnya berkumpul semua, di lautan 


Ketika air laut menguap untuk membentuk awan, garam yang ada di laut, tetap ada di laut 


Sedangkan awan tersebut, kemudian akan menjadi hujan, dan kemudian akan mengikis batuan, dan kemudian akan mengulang proses tersebut, selama jutaan tahun, dan masih terus berlangsung hingga sekarang 

Kalo gitu, kenapa air lautnya kita ga saring aja?

nah,Kendalanya nih gan. pengolahan air laut itu sendiri masih mahal dan membutuhkan banyak energi  Dibandingkan jika kita mengolah air tawar yang sudah ada saja. Selain itu kendala seperti adanya alga, yang sering menyumbat penyaringan juga membuat pengolahan air laut masih ribet dan sangat menyusahkan 




Kejawab sudah gan :

Jadi, seperti kata Khalil Gibran ini. Bahwa ternyata, di alam ini, segalanya begitu berhubungan. 


kebetulan ane jadi aus nih, tapi jangan minum air laut ya gan 


Kenapa bahasa di Dunia beragam? Kenapa gak 1 aja?

bingung ya, bahasa di dunia kok banyak banget gan  gausah jauh-jauh gan. bahasa daerah aja ada banyak juga. Tapi asal mulanya gimana ya gan bisa terbentuk bahasa? kok jadi makin bingung?  apa ini cuma akal-akalan pengusaha untuk buka les bahasa asing gan?
Nah, daripada agan bingung, yuk disimak tritnya

Berapa banyak bahasa di dunia gan?

banyak banget gan! kira-kira ada 7000 bahasa di dunia ini Mulai dari mandarin yang merupakan bahasa yang paling banyak digunakan, disusul oleh bahasa spanyol, dan Inggris



Tapi, asal-usul bahasa darimana ya gan? Dan kenapa bahasa bisa beraneka ragam? Nyatanya memang banyak yang penasaran tentang asal muasal bahasa di dunia ini  Kenapa bakso kita disebutnya bakso? Dan kenapa apel namanya apel? Dan kenapa seluruh hal di dunia ini bernama sesuai nama mereka?

Ternyata udah dari jaman dahulu kala gan!

Menurut Om Noam Chomsky, bahasa muncul pada 60,000 hingga 100,000 tahun lalu di Afrika.



Sebelum itu, kita sebagai manusia hanya mampu berkomunikasi sebatasnya, yaitu melalui mulut kita dan gestur tubuh kita kemudian, otak kita berevolusi, sehingga lama kelamaan, kita dapat memahami hal yang lebih kompleks atau hal yang lebih ribet Kita mulai menamai,benda, makanan hingga situasi bahaya, menjadi suatu sebutan-sebutan yang lebih simpel.


Nah, kok bisa jadi 1 kalimat gan?

nah gini gan, kita perlahan mulai dapat memikirkan dua benda dalam satu konstruksi. Seperti misalnya benda, Apel, dan Pohon. Yang kemudian dikombinasikan menjadi satu konstruksi yaitu, pohon apel  Kombinasi kata-kata tersebut lah yang kemudian berkembang menjadi struktur, yang kemudian menjadi cikal bakal dari bahasa 


yang kepo bukan cuma kita gan

Ternyata ke-kepo-an kita tentang bahasa, sudah dimulai sejak dari jaman Raja Mesir Kuno,Psammetichus (bacanya sametikus) dengan teganya memerintahkan dua orang bayi untuk dikurung dalam dua kandang yang berbeda 


Setelah dua tahun, kedua bayi anehnya mulai mengucapkan satu kata yang sama, yaitu “bekos”. Bukan, bekos itu artinya bukan kos-kosan (apalagi plesetan dari kata "Bego" gan)  
itu adalah bahasa Phyrgian yang artinya adalah, roti. Alhasil, dari eksperimen itu mereka berkesimpulan bahasa Phyrgian, adalah asal muasal dari semua bahasa di dunia ini, karena dapat diucapkan oleh seorang bayi tanpa diajarin gan 


wah keren asal muasalnya gan, tapi kok bisa beda-beda ya?

Gini gan, Singkatnya, adalah karena isolasi. Bukan, bukan isolasi buat nempel poster  melainkan isolasi kebudayaan. Pendeknya, nenek moyang kita bermigrasi ke seluruh dunia untuk mencari sumber makanan. Kemudian, nenek moyang kita terpisah satu sama lain dan membentuk bahasa baru yang disesuaikan dengan kondisi alam, makanan, dan makhluk hidup lain yang tinggal di sekitarnya. Isolasi ini lah yang menyebabkan, kenapa di tiap tempat, memiliki bahasa yang berbeda. 


Apalagi di Indonesia, yang geografisnya kepulauan, sehingga orang makin terisolasi, menyebabkan makin uniknya bahasa yang ada.


kok ada bahasa yang mirip-mirip ya gan?

begini gan. sekelompok nenek moyang kita bertemu dengan sekelompok nenek moyang lainnya. Bahasa mereka membaur dan menciptakan bahasa baru, yang teknisnya disebut sebagai “super-language” 




Itu sebabnya kenapa faktor jarak, juga mempengaruhi bahasa yang ada. Seperti misalnya negara yang berdekatan, seringkali memiliki kata-kata yang mirip, karena mereka saling membaur. nah, jadi udah jelas gan kenapa bahasa spanyol dengan mandarin, yang ngga ada mirip-miripnya 





Akhirnya kejawab gan!

kejawab sudah pertanyaan kita kenapa bahasa bisa begitu beragam. Tapi hal ini juga masih diperdebatkan lho gan. jadi selamat mengambil les bahasa asing untuk menambah pengetahuan  dan tetaplah cinta bahasa pemersatu kita bersama, yakni Bahasa Indonesia 


Kenapa Kita Buang gas/kentut?

halo gan! ketemu lagi!  pernah kan gan mengalami apa yang disebut sebagai kentut/Buang angin? atau malah sering  ya tapi itu nromal kokgan.. tapi kenapa ya? kok kita bisa menglamai hal itu?  emang kita makan angin ya gan  sebenarnya itu normal atau engga ya?
daripada bingung.. ayo disimika tritnya gan



Apa Itu Buang Gas?

Pernahkah saat sedang makan dengan gebetan, agan buang angin secara tak sengaja?  yakin ini bikin gebetan ilfil gan, kecuali ga bunyi  Peristiwa keluarnya gas dari tubuh manusia ini disebut sebagai buang angin atau kentut (ya iyalah) Meskipun sudah biasa, peristiwa ini masih banyak dipertanyakan.. kenapa ya bisa terjadi? emang kita makan angin ya gan? lanjut gan



Begini ternyata prosesnya gan!

intinya, buang angin itu terjadi karena manusia harus melepaskan gas dalam tubuhnya. Contohnya, saat agan lagi asik makan bakso, ga cuma bakso dan kuahnya yang agan makan tetapi angin yang berada di sekitarnya-, ikut masuk (berarti beneran makan angin gan)



Kemudian, saat bakso masuk ke dalam usus untuk diolah menjadi nutrisi, mikroba bersama tubuh kita, menghasilkan senyawa bernama gas hidrogen sulfida



Gas hidrogen sulfida ini memiliki bau seperti telur busuk, karena faktanya ia banyak mengandung belerang, sebuah senyawa berbau tidak enak yang sering kita temui di wilayah pegunungan



Kemudian, gas tersebut mencari jalan keluar kebawah, bukan keatas, karena terdorong oleh gerak peristaltik usus, meluncur dengan kecepatan tinggi dan menggesek dinding anus, sehingga muncullah bunyi  sebuah fenomena yang kita sebut sebagai kentut



Tapi ada ga si gan manfaat kentut? atau cuma gitu aja kelepasan? kalau ditahan gimana?

Jangan salah, menurut penelitian dari Universitas Exeter, di Inggris. nahan kentut itu super bahaya gan!  gas kentut ini ternyata dapat membantu kita melawan penyakit seperti stroke, gagal jantung, diabetes, dementia hingga arhtritis



Manusia ternyata rata-rata buang angin sebanyak 14 kali dalam sehari. Bahkan, banyak orang yang buang angin lebih dari itu atau jangan-jangan agan kentut lebih banyak dari itu tapi ga terasa?



Nah, terjawab gan!

akhirnya terjawab sudah gan!! jadi, kentut itu sehat gan, asal ga ketauan dan membuat 1 tongkrongan rame mabuk akan harumnya  karena hal ini juga, ada baiknya kita jaga kesopanan dengan melakukan di tempat yang tidak menganggu ketentraman



Sumber

Kenapa Keyboard kita QWERTY, bukan ABCDE?

Ini merupakan pertanyaan paling sering dilewatkan gan  padahal kita sering main hp, menggunakan keyboard  ya, keyboard dengan urutan acak ini sudah diakui sebagai standart internasional  bahkan HP kita saja sudah menggunakan keyboard qwerty (kecuali hp agan masih keyboard abc123 ) tapi kenapa ya gan? kenapa harus qwerty? ga abcde aja? kan lebih gampang di ketik
Nah, daripada agan bingung, yuk disimak tritnya


Kenapa ya gan keyboard qwerty?

Apakah agan pernah berpikir kenapa urutan huruf dalam keyboard kita begitu mengacak? Tak hanya di keyboard komputer saja, di keyboard handphone kita  hingga di mesin tik kita juga demikian. Susunan huruf dalam keyboard ini dinamakan sebagai “qwerty”: diambil dari 6 susunan huruf paling awalnya  Tapi kenapa keyboard kita “qwerty”? Kenapa bukan yang lain? misalkan "bakso" 


Ternyata dahulu keyboard itu abcde gan!

Pada jaman dahulu kala, keyboard pada mesin tik, kebanyakan menggunakan susunan huruf, sesuai dengan urutan alfabet kita (abcde). Tapi satu permasalahan terjadi: banyak dari kata bahasa inggris, menggunakan huruf yang terlalu berdekatan sehingga, tuas pada mesin tik tersebut seringkali menyangkut, ketika digunakan  




Oleh karena itu pada tahun 1874 (ini agan masih belum lahir, ane yakin banget ), si Om Christopher Sholes, memecahkan permasalahan tersebut, dengan membuat mesin tik model huruf “qwerty” 


Ia mendesain keyboard “qwerty” untuk memisahkan pasangan huruf yang sering digunakan, agar menjadi berjauhan, sehingga mesin tik akhirnya jadi lebih efisien digunakan 




Ternyata untuk memudahkan komunikasi telegraf juga gan!

Meskipun begitu, ada sebuah temuan lain yang menjelaskan bahwa susunan keyboard “qwerty” ternyata dibuat untuk memudahkan komunikasi dari telegraf, yang berbentuk kode morse 



Susunan alfabet biasa, dianggap sulit digunakan untuk menerjemahkan kode mors, sehingga kemudian akhirnya dikembangkanlah susunan keyboard “qwerty” yang terus digunakan hingga sekarang 




Nah, terjawab gan!

terjawab gan!! ternyata ga seribet yang kita kira lho.. keyboard qwerty itu terbentuk  nah, sekarang silahkan lihat keyboard agan-agan sekalian, dan mari renungi sejarah panjang yang terjadi pada keyboard tersebut, atau malah agan memang hobi lihat keyboard karena keyboard yang agan beli merk terkenal untuk gaming?